oleh

Gandeng Puskesmas, Baznas Kepsul Gelar Pengobatan Gratis

SANANA, LM -Guna meningkatkan status kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, terutama masyarakat Lanjut Usia (Lansia), oleh nya itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul),Provinsi Maluku Utara (Malut) meluncurkan program “Sula Sehat” yang di dalam nya terdapat pengobatan gratis.

Ketua Baznas Kepsul,Hi.Amir Soamole,SH  mengatakan, dalam melaksanakan program “Sula Sehat”, Baznas Kepsul bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di setiap Kecamatan untuk melakukan pengobatan secara gratis kepada lansia.

“Baznas yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan,dalam hal ini Puskesmas, karena Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan (Faskes) pertama di tingkat masyarakat,” katanya kepada Wartawan di ruangan rapat Kantor Baznas,  Jumat  (20/8/2021) tadi.

Amir menambahkan, dalam pengobatan gratis tersebut, kadang Baznas dan Puskesmas menanggung obat bersama,namun kadang juga Baznas menyiapkan obat sendiri,akan tetapi sebelum membeli obat, kami terlebih dulu berkoordinasi dengan pihak Puskesmas, kira-kira di tingkat masyarakat di desa itu, obat apa yang paling di butuhkan,”  tambahnya.

Untuk data lansia sendiri, Amir bilang,  disediakan langsung oleh pihak Puskesmas di Kecamatan. Kemudian,  pengobatan gratis bagi lansia ini juga terbatas,artinya,dalam satu Kecamatan,kita hanya bisa mengambil 50 sampai 60 orang saja.

“Sementara untuk tempat pelaksanaan kegiatan pengobatan juga di tentukan langsung oleh pihak Puskesmas,” ungkapnya.

Kemudian dalam pengobatan gratis itu, kami dari pihak Baznas memberikan biaya transportasi bagi lansia agar mereka datang ke tempat pengobatan yang di tetapkan Puskemas.

“Tidak hanya memberikan biaya transportasi, kami juga menyiapkan mereka makan dan minum di waktu mereka melakukan pengobatan,” jelasnya.

Pengobatan gratis kepada lansia itu,sudah di lakukan di dua Kecamatan, yakni di Kecamatan Sulabesi Timur tepat nya di Desa Baleha dan Kecamatan Sulabesi Selatan tepat nya di Desa Waigai.

“Sudah dua kali pengobatan gratis ini, kami hanya memakai tenaga kesehatan di Puskesmas saja,karena semua obat sudah disiapkan langsung oleh kami dari pihak Baznas,seperti yang di lakukan di Desa Baleha dan Desa Waigai,” tutupnya. (Edl )

Komentar