oleh

Gawat! Harga Minyak Tanah Rp 30 Ribu

-EKONOMI-53 views

SANANA, LM  – Sebulan terakhir ini minyak tanah (mita) di Kepulauan Sula (Kepsul) langka. Ini membuat pengecer menjualnya dengan harga tinggi, Rp 7.000 per liter.  Bahkan ada yang menjual Rp 30 ribu per liter.

Kondisi tersebut membuat warga bertanya-tanya, karena pangkalan mita di Sanana cukup banyak.  Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan  Kepsul Abdul Rauf Upara menuturkan, pihaknya telah menggelar rapat dengan Pertamina, SPBU, AMT hingga penyalur dan sub penyalur terkait kelangkaan mita.

Menurutnya, masalah mita sudah menjadi perhatian serius pemkab,  hanya saja masih ada pangkalan yang membandel dengan menjual mita kepada pengecer,  yang kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi.

 ”Ini permainan  pengecer, pengecer membeli minyak tanah di pangkalan dengan harga sedikit di atas HET, kemudian menjualnya kembali dengan harga tinggi,” tuturnya.

 HET mita di pangkalan Rp 4.000, jika pengecer membeli dengan harga Rp 5.000 pangkalan dengan senang hati menerimanya.

Dia menuturkan pangkalan juga mencari untung besar, sehingga mereka mau melakukan hal itu. Rauf menegaskan jika mereka menemukan pangkalan seperti itu, maka izinnya dicabut.

“Pangkalan minyak tanah di Sanana cukup banyak, seharusnya tidak ada lagi pengecer,” tegasnya. 

 

Sumber : Malut Post

Komentar