oleh

Gelontorkan Anggaran Puluhan Milyar, Alkes di RSUD Labuha Belum Digunakan

LABUHA – Niat baik pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel)  melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk menghadirkan alat Kesehatan (Alkes) sangatlah tepat. Namun, sayangnya alat kesehatan (Alkes)  yang dibeli menggunakan anggaran daerah puluhan milyar rupiah itu tidak difungsikan dan terlihat mubazir.

Amatan wartawan di RSUD, puluhan seperti Alat kesehatan untuk mencuci darah (hemodialisa), alat untuk mendeteksi jantung juga hanya ditampung dan dipajang dalam ruangan Instalasi Pemeriksaan sarana dan prasarana RSUD Labuha. Padahal,  alat tersebut dibeli tahun 2018 lalu.

Direktur RSUD Labuha,  Asiyah Hasjim ketika dikonfirmasi wartawan beberapa waktu lalu terkait tidak difungsikan nya alat tersebut. Dia mambenarkan alat itu sudah dibeli menggunakan anggaran daerah dan nilainya cukup besar. Namun, karena belum ada ruangan yang memadai maka alat tersebut belum bisa difungsikan secara baik.

“Alat kesehatan (Alkes)  itu dibeli tahun 2018 tetapi belum bisa difungsikan karena ruangan nya sementara masih  direnovasi. Kalau semua ruangan sudah selesai baru alat-alat tersebut akan ditempatkan dan selanjutnya difungsikan, “tandas Asiyah

Diketahui,  sesuai data yang diperoleh wartawan, pengadaan alat Kesehatan (Alkses) tahun 2018 dan nilainya sangat fantastic karena berkisar Rp. 20 Milyar lebih. Satu alat Kesehatan (Alkes)  hargnya dari Rp. 100 juta hingga 4 Milyar. (van)

Komentar