oleh

General Manager PT.Pelindo IV Ternate Bantah Dugaan   Pungli di Pelabuhan Bastiong

General Manager PT.Pelindo IV Ternate Herriyanto (Foto/Mud/lintasmalut.co.id)

TERNATE – Dugaan Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan salah satu oknum pegawai Pelindo di area pintu masuk Pelabuhan Pangkalan Bastiong dibantah General Manager PT Pelindo Wilayah IV Ternate, Herriyanto.

Menurutnya salah satu segmen usaha kepelabuhanan berdasarkan ketentuan yang berlaku adalah terkait Pas Pelabuhan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) adalah BUMN yang diberikan kewenangan Pemerintah berdasarkan Undang-Undang untuk melakukan pelayanan jasa Kepelabuhanan,” Ujarnya saat ditemui lintasmalut.co.id Sabtu (25/5/2019)

“Hal ini berdasarkan pada UU 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Peraturan Pemerintah (PP) 61 tahun 2009 / PP 64 2015, tentang Kepelabuhanan beserta peraturan turunan terkait di Bidang Kepelabuhanan. PM.72 tahun 2017 tentang jenis struktur dan golongan tarif serta kesepakatan bersama Asosiasi,” Papar Herri.

Dia (Herri) menegaskan jika benar ada oknum petugas dari Pelindo IV terbukti melakukan pungli maka ia sendiri akan segera memproses oknum tersebut dan melakukan pemecatan terhadap oknum pegawai Pelindo yang pungli.

“Dari pihak Managemen akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku di PT Pelindo IV dengan cara melakukan proses dan langsung melakukan pemecatan”, Tegas Herri (Ut)

Komentar