oleh

GOW Halbar Peringati Hari Kartini ke 140 Tahun

Ketua GOW Halbar Joula A Missy Bersama Anggotanya (Foto:Bur/Lintasmalut.net)

JAILOLO – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) memperingati hari Kartini ke-140 tahun yang dipusatkan di ruang aula kantor Bupati, Selasa (23/4/ 2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Halbar Syahril Abdurajak, Ketua GOW Joula A. Missy dan seluruh anggota.

Sekda Syahril Abdurajak saat membuka kegiatan menjelaskan, judul buku habis gelap terbitlah terang merupakan surat-surat Raden Ajeng Kartini yang dituliskan kepada para sahabatnya di negeri belanda tersebut, kemudian menjadi bukti betapa besarnya keinginan dan cita-cita dari R.A Kartini untuk melepaskan kaumnya dari diskriminasi yang sudah membudaya pada jaman itu.

“Bercermin dari perjuangan seorang putri sejati, dirinya berharap agar perempuan di Halbar agar terus memperjuangkan haknya untuk dapat berdiri sejajar dengan kaum laki-laki dalam berbagai segi kehidupan untuk berkarya dan berkarir sesuai dengan kemampuan yang dimiliki,”ujarnya.

“Atas nama pemkab halbar saya memberikan penghargaan kepada wanita-wanita halbar yang tergabung dalam GOW halbar yang memperingati hari Lahirnya R. A Kartini. Saya juga menghimbau kepada kaum perempuan Halbar dapat meladeni sikap dan mental R.A Kartini sebagai seorang tokoh emansipasi wanita yang berbudi luhur dan mempunyai cita-cita mulia untuk meningkatkan harkat dan martabat perempuan,”tambahnya.

Sementara itu, Ketua GOW Halbar Joula A. Missy menyatakan, hak pendidikan perempuan saat ini telah menjadi kesadaran di tengah tengah masyarakat, perempuan saat ini mulai memainkan perannya di hadapan publik, sehingga perempuan sudah ada menjadi dokter, politisi bahkan menjadi pejabat di lingkup Pemkab Halbar. Bahkan di negeri ini pernah dipimpin oleh perempuan.

“Di halbar sendiri sudah banyak perempuan yang tampil di muka publik, ada yang menjadi pimpinan SKPD, jadi anggota DPRD bahkan saat ini ketua DPRD Halbar adalah seorang perempuan. Jadi kita tidak boleh berkecil hati, mari kita bersama sama memperjuangkan hak hak perempuan,” pungkasnya. (Bur)

Komentar