oleh

GPM Desak Kejati Periksa Saifuddin Djuba Soal Kasus Nautika

-HUKRIM-183 views

TERNATE -, Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM) Maluku Utara mendesak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Malut agar memanggil dan periksa Saifuddin Djuba sebagai kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Biro Pengadaan Barang dan Jasa Maluku Utara atas dugaan kasus korupsi pengadaan kapal Nautika.

Desakan itu lewat aksi unjukrasa yang dilakukan GPM Malut di depan kantor Kejati, Senin (20/8/2021).

Ketua GPM Malut, Sartonon Halek dalam orasinya menyampaikan, terkait kasus Nautika Kejati sudah tetapkan empat tersangka. Olehnya itu, penyidik Kejati perlu memastikan siapa saja tersangka yang akan ditambahkan, hal ini agar tidak menimbulkan opini liar publik.

“Kami meminta penyidik Kejati agar segera melalukan pemanggilan kembali kepada Saifuddin Djuba sebagai kepala ULP Biro Pengadaan Barang dan Jasa Malut untuk dimintai keterangan karena salah satu anggota ULP sudah ditetapkan tersangka,” teriaknya.

Sartono menegaskan, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah bahwa kerja Pokja itu bersifat kolektif – kolegial. Dimana ketua dan anggota Pokja juga harus bertanggungjawab yang sama dalam keputusan ini. Selain itu, kepala ULP Biro Pengadaan Barang dan Jasa juga harus bertanggungjawab atas apa yang dilakukan Pokja, sebab kepala ULP yang mengangkat dan membentuk Pokja.

“Sesuai penetapan tersangka terhadap ketua Pokja itu berdasarkan pada penyalagunaan kewenangan, jadi ketua ULP nya harus bertanggungjawab,” pungkasnya. (Alan)

Komentar