oleh

Gubernur Diminta Perhatikan Jalan Pulau Makian

HALSEL, – Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba diminta serius memperhatikan pembanguan sarana infrastruktur akses jalan di Kecamatan Pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan.

Jalan tersebut sudah dibangun pada tahun 2016 dimasa kepemimpinan H. Ponsen Sarfa selaku Kadis PUPR, tetapi hanya beberapa kilometer jalan dan jembatan yang dibangun dan hingga saat ini belum ada pembanguan lanjutan, padahal jalan itu menjadi akses utama banyak warga. Selain itu juga menjadi akses penghubung antar Desa.

Salah satu warga Desa Suma, Samsul Hamja meminta Gubernur AGK agar lebih memperhatikan pembangunan jalan tersebut. Menurutnya, Pemprov dalam pengalokasian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sangat minim, terutama sarana pendidikan, kesehatan, (jalan dan jembatan/red) serta jalan antar Desa belum terhubung sehingga koordinasi aparat Pemerintahan Desa sangat sulit dilakukan.

“Pulau makian termasuk daerah tertinggal karena sangat minim memperoleh sarana dan infrastruktur dari pemerintah, sebagian tidak memiliki akses jalan antar desa, daerah ini sulit berkembang karena masih terisolir,” katanya kepada lintasmalut.co.id, Selasa (11/5/2021).

Ia menyebut, dimasa kepemimpinan Gubernur AGK selama ini porsi pembangunan infrastruktur (Pulau Makian/red) terkesan dianaktirikan dibandingkan dengan Kecamatan lain.

“Pulau makian memiliki luas sekitar 53.800 hektare dengan jumlah penduduk 23.000 jiwa yang tersebar di 22 desa, sebagian akses menuju desa satu ke desa yang lain bisa ditembus lewat jalur laut yang sulit dilalui ketika ombak,” ungkapnya.

Senada disampaikan warga Desa Matantengin, Isra Latif mengatakan sejak 6 tahun lalu jalan dan jembatan itu sudah dibangun. Namun pada saat pergantian Hi. Ponsen Sarfa sudah tidak ada lagi pembangunan lanjutan.

“Kami sangat berharap agar jalan itu dilanjutkan pembangunannya dan akses antar desa bisa terhubung, sehingga lebih mempermudah warga untuk menjual hasil komoditi pala, cengkeh dan kenari yang menjadi andalan mata pencaharian mereka, kalau ada jalan pasti ekonomi daerah ini bisa lebih maju,” ujarnya.

“Kami juga berharap Gubernur AGK agar lebih memperhatikan jalan di pulau makian ini, dan semoga dengan adanya Kadis PUPR yang baru saja dilantik bisa melanjutkan pembanguan infrastruktur jalan dan jembatan yang sudah dibagun,” harapnya. (Alan)

Komentar