oleh

Hadiri Sosialisasi Dana Transfer ke Daerah dan DD, Aliong Mus: Ini Kegiatan Penting

TALIABU – Bupati Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) Aliong Mus didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Irwan Mansur hadiri sosialisasi transfer dana pemerinah ke kas daerah dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020 yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan RI di Aula Cakti Buddhi Bhakti, Kantor Pusat Ditjen Pajak-Kemenkeu, Jl. Gatot Subroto No.Kav. 40-42, Jakarta Selatan, Kamis (14/11).

Kegiatan tersebut dibuka Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan dihadiri Ketua Banggar DPR RI, Dirjen Perimbangan Keuangan, Direktur Dana Perimbangan Kemenkeu, Deputi Pengembangan Regional Bappenas, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Direktur PTNDP Kemenkeu dan Dirjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri.

Bupati mengatakan, mengingat dengan adanya ketetapan Undang-undang APBN tahun anggaran 2020 terdapat beberapa perubahan kebijakan mengenai transfer dana ke daerah dan DD.

“Saya wajib menghadiri karena ini terkait dengan dana desa yang selalu menjadi polemik. Apalagi, pada tahun 2020 ada beberapa perubahan dalam sistem transferan dari pusat ke daerah dan desa nantinya,” katanya kepada awak media di sela sela kegiatan.

Menurutnya, kegiatan ini yang sangat pentingapa lagi ini berkaitan dengan persiapan keuangan daerah termasuk di dalamnya berkaitan dengan dana transfer DD.

“Ini kegiatan yang sangatlah penting dan wajib di ikuti oleh seluruh Kepala Daerah baik di tingkat propinsi maupun Kabupaten/kota,” ungkapnya.

Bupati mengaku, dalam kegiatan terdapat beberapa materi penting, baik itu materi sinergi pusat dan daerah dalam pelaksanaan rencana kerja pemerintah tahun anggaran 2020, Penyusunan APBD 2020 berbasis Value For Money dan Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Ada beberapa materi yang sandingkan dengan peraturan sebelumnya. Sehingga kegaitan ini sangat penting untuk bagaimana kita bisa mengatahui secara langsung kesiapan dan langkah strategis pemerintah dalam melakukan transfer anggaran ke daerah termasuk DD dalam mengisi pembangunan di daerah terutama kita di Kabupaten Taliabu,” pungkasnya. (As)

Komentar