oleh

Harga Barito di Pasar Rakyat Bobong Lambungi Harga Sembako

-EKONOMI-79 views

BOBONG – Harga Bawang Rica Tomat (Barito) di Pasar Rakyat Bobong Kabupaten Taliabu Provinsi Maluku Utara (Malut) mengalami kenaikan hingga mencapai level tertinggi, sementara untuk harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) seperti Gula, Terigu, Beras, Terlur Ayam dan lalin-lain  mengalami stabil

Amatan lintasmalut.co.id sejak minggu pertama hingga memasuki minggu kedua harga cabai keriting mencapai Rp.60.000/Kg, Tomat  harga sebelumnya Rp30.00,00 hingga Rp35.000,00/Kg kininaik menjadi Rp.60.000,00/Kg  sementara untuk Sayur mayur seperti Col, Wortel, Kentang, dan jenis lainya dalam kondisi stabil. selain itu harga sembako juga stabil.

Ny. Hany (30) pedagang sembako di pasar rakyat bobong saat disambangi media ini mengungkapkan bahwa untuk “Kebutuhan Barito saat ini di Taliabu cukup melonjak tinggi, terutama pada kebutuhan dapur, untuk harga Rica Keritng dan Rica Nona haraga Rp.60.000/Kg untuk  cabai rawit mencapai Rp.90.000/kg, begitu juga dengan harga tomat pun melambung tinggi hingga mencapai Rp60.000/kg, padahal sebelumnya harga tomat hanya berkisar pada harga Rp.30.000 -35.000 per kilogramnya.

Menurutnya, lonjakan harga ini di dasari pada besarnya permintaan pasar jelang bulan suci radahan, di satu sisi juga di karekan adanya pengaruh harga buruh di pelabuahn dermaga bobong , sehingga sedikit mepangaruhi harga pada kebutuhan dapur khususnya cabai keriting ,cabai merah dan tomat.

“Meningkatnya harga ini dikarenakan tingginya permintaan konsumen pada moment ramadhan,selain itu permintaan bongkar muat oleh buruh di pelabuhan regional bobong cukup besar shingga mempengaruhi harga komoditi khususnya cabe kriting, tomat dan cabai mereh, sedangkan untuk sayur mayur hargnya masih stabil sampai saat ini”, tandasnya saat di wawacari media ini rabu (8/05) di lokasi pasar rakyat Bobong.

Meskipun demikian kata dia, untuk bawang merah dan dan bawang putih pun mengaliami peningkatan sangat drastis, namun hal ini bersifat nasional, dimana untuk bawang di pasar rakyat bobong meningkat hingga `100 % , dimana harga sebelum ramdahan tiba hanya pada level 30 – 40 /kg, namun setelah memasuki ramdahan harga meningakt hingga Rp.80.000/Kg, begitu juga dengan bawang merah hinga mencapai Rp.60.000/kg, dengan harga sebelumnya hnya berkisar pada 30.000/Kg.

. “Jadi memang harga saat ini cukup meningkat, ini bukan di pengaruhi gaya main harga di pasar rakyat Bobong, namun ini faktor Permintaan dan kondisi yang terjadi saat ini, bisa di banyangkan harga bawang saja meningkat hingga 100 %, di satu sisi juga kareena adanya pengaruh biaya buruh di pelabuahn pada sat bongkar muat barang, ” pungkasnya.
Sementara itu, untuk harga sembaku lainya seperti minyak kelapa, gula dan tepung tirgu termasuk besar, hingga saat ini masih dalam kondisi stabil, dengan harga tidak mengalami kenaikan ataupun turun. (As)

Komentar