oleh

HCW Malut Bakal Gelar Dialog Hari Anti Korupsi Sedunia

-NASIONAL-281 views

TERNATE – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Halmahera Corruption Watch (HCW) Malut bakal gelar dialog publik. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKS) dengan team “Peran Penegak Hukum Dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi” yang akan dilaksankan pada Senin (9/12) pekan depan.

Ketua panitia Sukardi M. Nur mengatakan, tujuan kegiatan ini dalam rangka mendorong pihak penegak hukum untuk menyelesaikan berbagai kasus yang masih tersimpan rapih di meja pihak penegak hukum.

“Banyak laporan yang belum di proses secara serius. Untuk itu, HCW secara kelembagaan mendesak kepada penegak hukum agar jangan mengistimewakan kasus-kasus yang sampai saat ini tidak ada progres dalam penanganannya sehingga publik menilai ada konspirasi antara lembaga (penegak hukum/red) dengan pihak pelaku korupsi,” katanya kepada awak media di warkop soccer, Rabu (04/12).

Sukardi menyebut, dugaan kasus-kasus yang sudah dilaporkan diantaranya, kasus sayoang-yaba, bibit jagung, udang vaname dan kasus lainnya yang sampai saat ini belum juga diposes dengan baik dan tidak jalan.

“Beberapa kasus-kasus tersebut sampai saat ini dianggap jalan di tempat dan tidak ada progres penanganannya,” tandasnya.

Kegiatan dialog ini. Kata Sukardi, akan melibatkan pihak penegak hukum baik Polda maupun Kejati selaku pembicara serta seluruh OKP, LSM se-Malut, LSM penggiat anti korupsi dan insan pers.

“Dialog ini akan kami libatkan pihak Polda dan Kejati untuk mempresentase sejauh mana proses penanganan sejumlah kasus-kasus yang ada di Malut,” ujarnya.

Wakil direktur penindakan Tipikor HCW ini juga berharap agar pihak Polda dan Kejati bisa hadir dalam kegiatan dialog. Menurutnya, dialog ini sangat penting. Sebab, dalam satu tahun terakhir ini peningkatan kasus korupsi di Malut semakin meningkat.

“Saya berharap kepada pihak Polda dan Kejati agar bisa hadir dalam dialog karena ini sangat penting,” harapnya. (Alan)

Komentar