oleh

Himpaudi Halbar Laksanakan Kegiatan Gernas Baku

Pose bersama orangtua siswa siswi TK (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Pengurus Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), bertekad mensukseskan kegiatan Gerakan Nasional Membaca Buku (Gernas Baku).

Gernas Baku adalah suatu gerakan menumbuhkan minat baca sejak usia dini dengan melibatkan kehadiran orangtua secara langsung. Gerakan ini merupakan warisan paling berharga yang bisa diberikan orangtua kepada anaknya adalah kecintaan membaca.

“Gernas Baku adalah gerakan nasional orangtua membacakan buku pada anak tanggal 27 Juli 2019 secara nasional di seluruh Indoneaia, program ini dari direktorat pendidikan keluarga Kemdikbud yang bermitra dengan organisasi Himpaudi dan pengurus daerah Himpaudi Halbar,”ungkap ketua Himpaudi Halbar, Yulinche Tully, Sabtu (27/7/2019).

Yulinche menjelaskan, peran orangtua terhadap pendidikan yang lebih khususnya lembaga PAUD sangatlah diapresiasi, mengingat pendidikan itu adalah tanggung jawab pemerintah, masyarakat dan keluarga.

“Pendidikan keluarga sangat diutamankan, karena pendidikan awalnya terbentuk dari jalur pendidikan informal, dan untuk kegiatan ini saya dan rekan-rekan pengurus bertekad untuk melaksanakannya walaupun belum tersentuh di setiap kecamatan,” pungkasnya.

Ia juga menyebut, kegiatan yang dilaksanakan hari ini tepatnya di dua kecamatan, kecamatan jailolo dan kecamatan sahu yang dapat berpartisipasi mensukseskan kegiatan nasional.

“Satu lembaga PAUD dari kecamatan jailolo, TK negeri 1 Halbar di desa bobanehena ditambah dua lembaga PAUD di Kecamatan sahu, TK pengembangan 21 Desa Tacim dan TK negeri 2 Halbar,”ujarnya.

Yulinche sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini karena keterlibatan langsung dari orangtua dalam satuan pendidikan khususnya PAUD.

“Saya sangat apresiasi karena orangtua dari peserta sangat mendukung program pemerintah,”katanya.

“Saya berpesan kepada orangtua bahwa kegiatan ini bukan awal dan akhir dari kegaitan hari ini, namun sebagai langkah maju untuk melaksanakan pembiasaan membacakan buku di sekolah maupun dirumah sehingga dapat menumbuhkan minat baca anak sejak dini,”tambahnya. (Jojo)

Komentar