oleh

Ikbama Taliabu Galang Dana Korban Bencana Ambon Bertajuk ‘Ale Rasa Beta Rasa’

BOBONG – Ketua Ikatan Basudara Maluku – Taliabu (Ikbama), Ahmad Salawane yang tergabung dalam Komunitas Ngopi Milenial (KNM) Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) Provinsi Maluku Utara (Malut) lakukan galang dana untuk membantu korban gempa di Ambon, Maluku.

Aksi galang dana yang bertajuk “Ale Rasa Beta Rasa, Katong Luka, Katong Duka” tersebut dilakukan selama seminggu dengan menyasar titik-titik keramaian di jalan untuk menggalang bantuan suka rela dari masyarakat dan pengguna jalan.

“Aksi penggalangan dana ini bermula hanya dari keterpanggilan hati dan rasa kepedulian kami atas korban gempa di Ambon beberapa waktu lalu,” kata Ahmad Salawane, Sabtu (5/10).

Menurutnya, peristiwa gempa bumi di Ambon pada Rabu (26/9) lalu, merupakan bencana besar yang menelan banyak korban jiwa serta menyebabkan dampak kerusakan yang parah. Namun, peristiwa ini seolah luput dari perhatian banyak masyarakat Indonesia karena di saat bersamaan terjadi gejolak politik di dengan berbagai aksi demonstrasi yang lebih menyita perhatian.

“Sementara saudara-saudara kita di Ambon sangat membutuhkan uluran tangan dari daerah-daerah lain, ini yang menggerakkan kami untuk menggalang bantuan bagi para korban,” ujarnya.

Aksi kemanusian ini. Sambung Ahmad, memantik kalangan generasi muda lainnya untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama tanpa memandang asal maupun identitas.

“Komunitas kami memandang bahwa hidup sebangsa dan setanah air itu bermakna kalau satu terluka maka yang lain pun berduka, apalagi untuk peristiwa kemanusiaan seperti ini,” ungkapnya.

“Hingga saat ini dana yang terkumpul dari aksi kemanusiaan itu, diperkiraan sekitar Rp 30 juta sekian dan akan dikirim langsung ke nomor rekening posko pengungsian gempa di Ambon,” tambahnya. (Tim)

Komentar