oleh

Inilah Penyebab Utama Jaringan Telkomsel Macet di Wilayah Malut

Ilustrasi

TERNATE, Lintasmalut.net – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengungkapkan penyebab utama gangguan jaringan telekomunikasi provider Telkomsel di wilayah Maluku Utara (Malut) Penyebab Gangguan jaringan operator PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) tersebut kini di-back up dengan sistem satelit, meskipun kapasitasnya terbatas, khususnya untuk layanan data.

“Telah terjadi gangguan layanan Telekomunikasi di wilayah Maluku Utara, yakni di Sanana. Labuha, Ternate, Tidore dan Sofifi serta Wilayah Halmahera ini disebabkan oleh putusnya kabel laut serat optik ruas Namlea, Sanana dititik 183 kilo meter (km) “kata Denny Abidin. GM External Communications Telkomsel saat dikonfirmasi Sabtu (29/12/2018).

Tidak stabilnya jaringan kata Denny, sudah ada proses perbaikan jaringan Telkomsel, “Alhamdullah jaringan sudah normal namun kami juga mengandalkan back up sistem satelit untuk layanan data terbatas,”ujarnya.

Ia mengatakan, Pihaknya terus berupaya untuk pemulihan gangguan layanan semaksimal dan segera mungkin dengan menerjunkan tim expert dari Makassar dan Jakarta,

“Dengan masalah jaringan ini Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada pelanggan yang terkena dampak gangguan ini,”ujar Denny

Hal senada juga dikatakan Kepala Telkom cabang Ternate, Amri Pary mengatakan, pihaknya telah menerima rilis dari Telkom pusat, terkait penyebab gangguan komunikasi yang terjadi di wilayah Malut.

Berdasarkan rilis yang disampaikan Telkom pusat, kata Amri Pary, bahwa gangguan yang terjadi sejak Rabu (26/12/2018) sekitar pukul 08:20 waktu setempat, disebabkan putuskan kabel bawah laut serat optik ruas Namlea-Sanana pada titik 183 Km.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi masalah jaringan, pihaknya telah berkoordinasi dengan tim Telkomsel dan tim bagian setelit melakukan tambahan back-up link Telkomsel.

Lanjut, “Kita juga dibantu tim yang bekerja di Makassar, Manado dan Sorong, tim ini dimonitoring langsung dari Pusat, sehingga saat ini jaringan untuk telepon dan sms di wilayah Malut mulai Normal,

“Kami terus upaya melakukan perbaikan kabel bawah laut sehingga jaringan kembali normal kembali,”jelasnya.(rdx)

Komentar