oleh

Irfan Ipa, Asis dan Sarjan Mamole Dikabarkan Terdampar di Pulau Mandioli Halsel

TERNATE – Tiga orang dengan menggunakan perahu Fiber 15 PK dari Ternate menuju Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) dikabarkan terdampar di perairan laut Maluku, Pulau Mandioli, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Kamis (22/8).

Di hari selasa (20/8) salah satu Istri korban menghubungi suaminya dan mendapat informasi bahwa mereka sudah berada di Pulau Obilatu dan sementara menuju Pulau Lifumatola, Kepulauan Mangoli.

1 jam setelahnya sekira pukul 15.20 WIT, sang Istri mencoba menghubungi lagi. Namun nomor Hp korban sudah tidak aktif hingga sekarang, selanjutnya dilaporkan kejadian tersebut ke Basarnas Ternate oleh adik korban atas nama Sahrony Ipa.

Ketiga orang yang dikabarkan hilang diantaranya, Irfan Ipa (38), Asis (35) dan Sarjan Mamole. Untuk identitas korban belum diketahui.

Kepala Basarnas Ternate M. Arafah menyebut, pihaknya melakukan koordinasi dengan instansi terkait tentang kejadian tersebut dan mendapat informasi dari nelayan melalui radio bahwa ketiga korban terdampar di Pulau Mandioli.

“Mendapat informasi tersebut, Basarnas Ternate melakukan koordinasi dengan Instansi terkait tentang kejadian itu dan pada pukul 15.30 WIT mendapat informasi dari nelayan melalui radio bahwa ditemukan tiga orang korban terdampar di rompong sekitar Pulau Mandioli Halsel,” ujarnya dalam rilis yang dibagikan Humas Basarnas, Iksan M. Nur via pesan WhatsApp, Kamis (22/8).

Selanjutnya. Kata M. Arafah, pukul 15.35 WIT, tim Rescue Unit siaga SAR Bacan beranggotakan 5 orang personil diperintahkan bergerak menuju LKP untuk melakukan evakuasi menggunakan kapal RIB 01 Bacan.

“Pukul 18.22 WIT, RIB 01 Bacan telah tiba di koordinat LKP sesuai dengan informasi yang didapat melalui radio, namun tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan rompong maupun korban,” katanya.

M. Arafah menambahkan, pukul 18.47 WIT, kapal RIB 01 Bacan bergerak kembali menuju pelabuhan Panambuang Bacan dan sandar Pukul 22.25 WIT, tim Rescue melakukan debriefing operasi SAR hari pertama dengan hasilnya nihil.

“Operasi SAR akan kembali dilanjutkan pada tanggal 23 agustus pukul 07.00 WIT,”tambahnya. (Alan)

Komentar