oleh

Jelang Evaluasi APBDes, DPMD Gelar Rapat Stakeholder

TALIABU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Pulau Taliabu,sebagaimana agenda yang telah di tetapkan untuk mengevaluasi Administrasi Anggaran pendapatan dan belanja desa (APB-Des), tahun 2019 di 71 Desa se-Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab).Dimana dalam agenda tersebut ada beberapa hal yang akan di evaluasi ,masing – masing program prioritas desa di tahun 2019, dari aspek regulasinya, apakah sudah memenuhi syarat atau belum, sehingga untuk pelaksanaan pengelolaan dan pemanfaatan di lapangan itu, tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

“Kami sudah laksanakan rapat bersama dengan stakeholder dan agendanya adalah pelaksanaan evaluasi APB-Des tahun 2019, desa se-Pulau Taliabu. Tentunya, yang di laksanakan ini adalah membentuk tim evaluasi. Dan Tim evaluasi ini melibatkan beberapa instansi terkait, yakni Bappeda, Bagian Hukum, Keungan, Inspektorat dan DPMD”ungkap Mushlis Soamole Kepala DPMD Pulau Taliabu saat di konfirmasi
Lebih lanjut kata dia, Target pelaksanaan evaluasi APB-Des 2019 ini, tahapannya sudah mulai di laksanakan, dan sudah di sepakati secara bersama di dalam rapat,sehingga untuk saat ini pihaknya sudah menandatangani surat permintaan APB-Des ke desa-desa untuk segera menyampaikan APB-Des untuk di evaluasi sebagamana deadline waktu yang telah di tetapkan.

“Deadline waktu yang kami berikan mulai dari tanggal 15 sampai 22 maret 2019, untuk segera desa-desa menyampaikan APB-Des agar di evaluasi. Tahapan selanjutnya adalah menjadwalka evaluasi APB-Des per Kecamatan atau per desa, itu akan di sepakati secara bersama dan di tandak lanjuti oleh tim evaluasi” ujarnya.

Selain itu juga,  ia mengatakan,evaluasi APB-Des tahun 2019 ini bertujuan agar harapan bupati Aliong Mus Bupati terkait pengelolaan dan pemanfaatan dana desa di tahun ini lebih maksimal,serta berdampak pada pembangunan dan kesejahtraan masyarakat di desa masing masing,di satu sisi memliki dampak yang benar benar di rasakan oleh masyarskat.(As)

Komentar