oleh

Jelang Natal, Ketua PM Sula Himbau Jaga Kerukunan Beragama

SANANA – ketua Pemuda Muhammadiyah (PM) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Said Buamona mengatakan selaku umat beragama wajib menghormati perayaan hari-hari besar agama lain.

“Dengan menjelang Natal maka selaku umat yang beragama di wajibkan menghormati seluruh perayaan hari-hari besar agama,” katanya dalam rilis yang dibagikan via pesan WhatsApp, Selasa (24/12).

Menurutnya, hal ini sesuai dengan semangat pancasila dan konstitusi UU 1945 Pasal 29 Ayat 2 negara menjamin tiap-tiap penduduknya untuk memeluk agama.

“Hari perayaan Natal pada 25 desember 2019 dan tahun baru 2020 adalah hari yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat Kristiani yang ada di dunia. Olehnya, kita semua di harapkan agar menjaga kerukunan umat beragama, tentunya dangan cara manjaga toleransi, saling menghormati antara satu dangan yang lainnya,” ungkapnya.

Dalam rangka menghindari keretakan dan merajut kebersamaan dalam keberagaman. Kata Said, pihaknya menghimbau masyarakat Sula agar menjaga kerukunan umat beragama dalam bentuk memupuk toleransi dan saling menghormati antar sesama.

“Kepada seluruh elemen masyarakat khususnya di kepulaluan sula, tokoh agama, adat, politisi, pemuda dan perempuan agar memberikan pendidikan politik dan narasi positif kepada masyarakat,” imbuhnya.

Dia berharap, Polres Sula agar tingkatkan Kamtibmas dan Patroli secara aktif, tidak mengijinkan pawai, arak-arakan, razia miras, menutup kafe untuk sementara waktu. “Hal ini penting dilakukan sebagai bentuk menemalisir konflik di masyarakat,” harapnya.

Said juga mengajak masyarakat muslim untuk tingkatkan iman dan takwa melalui pengajian dan dzikir bersama untuk menggembirakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar.

“Semoga dengan himbauan ini maka masyarakat akan sadar dengan pentingnya menjaga kebersamaan antara umat yang beragama menjelang Natal dan Tahun baru,” pungkasnya. (Raf)

Komentar