oleh

Jelang Pemilu Bawaslu Halbar Minta masyarakat Cermati Warna Kertas Surat Suara

-POLITIK-64 views
5 warna kertas suara Calon Presiden dan Wakil Presiden serta Calon Legislatif untuk dipemilih (foto:istimewa)

JAILOLO – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang jatu pada 17 April 3019, Bawaslu Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) meminta masyarakat mencermati dan memperhatikan earna surat suara saat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad, saat ditemui lintasmalut.co.id menjelaskan, akan ada 5 warna kertas suara calon untuk dipemilih. Mudah saja membedakannya, karena lima kertas suara ini memiliki warna yang tidak sama dari warna kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD RI, Biru untuk DPRD provinsi, hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, dan warna abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden,” Jelasnya.

Alwi mengatakan, pemilihan warna ini berdasarkan Keputusan KPU Republik Indonesia nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018, tentang desain surat suara dan desain alat bantu coblos bagi pemilih tunanetra pada Pemilu 2019. Perbedaan warna dan disain surat suara bagian dari sosialisasi dan pendidikan politik ke masyarakat.

Alwi kembali menjelaskan, pertama, warna abu-abu untuk surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden terdiri atas surat suara pasangan calon. Kedua, warna kuning surat suara Pemilu untuk memilih Anggota DPR-RI. Ketiga, warna merah surat suara Pemilu untuk memilih Anggota DPD RI. Keempat, warna biru surat suara Pemilu untuk untuk memilih Anggota DPRD Provinsi, dan Kelima, warna hijau surat suara Pemilu untuk memilih Anggota DPRD Kabupaten/Kota,

” Dari lima suarat suara yang disebutakn ada empat suart suara (DPR-RI,DPRD Provinsi, DPRD Kab/kota dan DPD RI) tidak memiliki Foto bagian luar dan bagian dalam, hanya memakai nama para caleg dan tidak terdapat foto Caleg yang ada hanya nama Caleg Saja,” Jelasnya. (Bur)

Komentar