oleh

Jelang Pilkada, Bawaslu Halbar Gelar Bimtek Panwascam 

JAILOLO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kecamatan di Halbar pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halbar 2020. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai Kamis hingga Sabtu (11/1/2020).

Bimtek yang di pusatkan di Hotel d’HOEK itu di hadiri komisioner Bawaslu Provinsi Malut Aslan Hasan dan Kordiv penindakan dan penanganan pelanggaran sebagai pemateri.

Ketua Bawaslu Halbar, Alwi Ahmad mengatakan, Bimtek ini melibatakan seluruh anggota Panwascam dari 8 Kecamatan dengan tujuan sebagai persiapan menjelang Pilkada di Kabupaten Halbar pada 2020 mendatang.

“Dalam bimtek ini, dituntut kepada panwascam untuk memehami tugas wewenang dan kewajibannya dalam mengawal setiap tahapan-tahapan pilkada 2020,” katanya kepada awak media.

Alwi juga menghimbau kepada panwascam se-Kecamatan Halbar untuk selalu menjaga kode etik sebagai penyelenggara dalam menghadapi Pilkada untuk menjaga marwa Bawaslu.

“Diminta kepada panwascam untuk menjaga kode etik sebagai penyelaenggra dalam mengawasi dan menjalankan pilkada 2020 dengan baik,  sehingga marwa lembaga kita tetap terjaga,” imbuhnya.

Sementara itu, Aslan Hasan menegaskan kepada Panwascam untuk memperkuat kapasitas dan kemampuan mengawal Pilkada 2020.

“Kita harus memperkuat kapasitas kita demi mangawasi pilkada nanti. Maka harus memiliki kesiapan, kapasitas dan kemampuan untuk merespon setiap pengawasan pada pilkada nanti,” tegasnya.

Aslan berharap, Panwascam yang baru tergabung dalam tahun ini untuk lebih mendekatkan diri dan beradaptasi lagi kesesama. Ia pun menyentil kepada panwascam yang sudah pernah jalankan tugas sebagai pengawasan agar mengevalusi kembali kerja-kerja dihari kemarin.

“Bagi yang baru terpilih lebih cepat untuk bisa beradaptasi dan bagi yang lama agar kejadian kemarin pada pemilu 2019  itu bisa menjadi bahan evaluasi,” harapnya.

Menurutnya, selaku penyelenggara harus mampu mengedepankan integritas penyelenggara disaat bekerja, semoga materi Bimtek ini menjadi bahan saat bekerja.

“Yang harus di pertahankan adalah integritas kalian. Saya sangat berharap agar integritas harus di kedapankan dan bisa serius dalam mengikuti kegiatan ini agar materi yang di dapat bisa di praktekan di lapangan nanti,” pungkasnya. (BAF)

Komentar