oleh

Jembatan Ternate Maitara Tidore Bakal Dibangun

JAKARTA – Rencana pembangunan jembatan penghubung Ternate Maitara Tidore (Temadore) yang diusulkan Pemerintah Kota Ternate dan Tidore itu. Nampaknya direspon positif oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Wali Kota Tidore Capt. Ali Ibrahim dan Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman dengan Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Hadi Sucahyono didampingi Plt Kepala Pusat Perencanaan BPIW dan Kepala Pusat Pemograman BPIW beserta jajaran dalam rangka usulan jembatan Temadore di kantor Kementerian PUPR, Kamis (6/2/2020).

Dalam pertemuan itu, kedua Wali Kota menyatakan pentingnya keberadaan jembatan tersebut terutama dari sisi percepatan pertumbuhan ekonomi dan sekaligus juga berfungsi sebagai media utama evakuasi bila terjadinya bencana gunung meletus.

Sementara Kepala BPIW Hadi Sucahyono menyebut, sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo bahwa perlunya jembatan bentang panjang.

“Sehingga  kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Maluku Uatra, dan Pemerintah Kota,” ujarnya.

Dalam waktu dekat. Kata Hadi, dirinya bakal berkunjung ke Maluku Utara dan akan melihat lokasi rencana pembangunan jembatan Temadore tersebut.

“Salam untuk Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Ghani Kasuba dan akan bersama-sama Gubernur dan Wali Kota Ternate dan Tidore berdiskusi di Ternate dalam rangka percepatan realisasi jembatan Temadore ini,” katanya.

Usai pertemuan, Wali Kota Tidore Capt. Ali Ibrahim menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku Uatra khususnya Ternate dan Tidore untuk memberikan dukungan terhadap rencana pembangunan jembatan Temadore oleh Kementerian PUPR.

“Kita semua harus menyambut baik dan memberikan dukungan penuh atas respon positif dari Kementerian PUPR dalam upaya rencana pembangunan jembatan Temadore ke depan,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman bahwa jembatan Temadore menjadi salah salah satu harapan besar bagi masyarakat Kota Ternate dan Tidore dari sisi peningkatan pertumbuhan ekonomi ke depan. (Alan)

Komentar