oleh

Jokowi: Kades Pengelola Dana Desa Jangan Dikriminalisasi

-NASIONAL-43 views

BANDA ACEH, Lintasmalut.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan untuk kesalahan administratif ringan yang tidak terindikasi korupsi, maka seorang kepala desa (Kades) tidak boleh dikriminalisasi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat kegiatan sosialisasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2019, di Gedung Dayan Dawood Banda Aceh, Jumat (14/12/2018) pagi. seperti dilansir Kompas.com

Presiden menekankan, hendaknya dana desa yang didapat digunakan untuk kemakmuran dan perputaran ekonomi desa.

“Harus diketahui adanya pengucuran dana desa sejak empat ahun lalu, itu bertujuan agar dana pemerintah tidak hanya berputar di kota dalam hal ini di Jakarta, tapi juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di pedesaan, dan digunakan untuk kemakmuran desa,” tegas Jokowi.

“Jadi jika ada pembangunan di desa usahakan beli bahan materialnya di desa juga agar uangnya bisa berputar di desa, jangan beli ke kota lain.”

Hal kedua yang diingatkan Jokowi adalah dana desa untuk pengembangan ekonomi rakyat.

Menurut Jokowi, setelah dana desa selesai digunakan untuk membangun infrastruktur, maka di 2019 bisa mulai difokuskan pada pengembangan ekonomi rakyat.

“Sudah betul jika ada kepala desa yang berencana akan mengembangkan ekonomi desa di tahun 2019 mendatang, kita bisa melihat contoh sebuah desa di Jawa Tengah, mereka mengembangkan potensi wisata desa yang baik, sehingga mendatangkan pengunjung dari berbagai daerah ke situ, dan desa tersebut bisa menghasilkan income Rp 14 miliar per tahun, dan ini pastinya akan memberikan dampak baik bagi perekonomian warga desa tersebut,” cerita Jokowi.

Hal ketiga yang diingatkan Jokowi ke pada kades se-Indonesia yakni agar penggunaan dana desa tidak menjadikan perpecahan antara perangkat desa dan warganya.

“Ingat, sekali lagi saya ingatkan, hati-hati menggunakan uang negara ini, apalagi ini sudah masuk tahun politik. Jangan sampai tergelincir dan jangan sampai kondisi politik juga memecahbelahkan antar warga dengan warga dan warga dengan perangkat desanya. Sekali lagi jaga kerukunan dan silaturahmi,” ujar Presiden, (kc)

Komentar