oleh

Kabiro Umum Basarnas Buka Pelatihan dan Uji Kompetensi SAR

TERNATE – Kepala biro umum Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) S. Riyadi resmi membuka kegiatan pelatihan SAR di ketingian (Hart) dan uji kompetensi bagi potensi SAR di Maluku Utara. Pembukaan tersebut dilaksanakan di kantor Basarnas Ternate, Senin (17/02/2020).

Kegiatan pelatihan dengan tema “Melalui Teknik Pertolongan di Ketinggian Bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan di Maluku Utara, Kita Tingkatkan Kompetensi SAR Guna Penyelenggaraan Operasi SAR yang Efektif dan Efisien” itu dilaksanakan selama sembilan hari mulai Senin tanggal 17 sampai Selasa (25/02/2020).

Dalam sambutannya S. Riyadi menyampaikan, sesuai dengan undang-undang No 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan serta peraturan Presiden No 21 tahun 2017 tentang pembinaan potensi pencarian dan pertolongan, tujuan penyelenggaraan kegiatan pelatihan potensi pencarian dan pertolongan adalah sebagai upaya untuk melaksanakan norma standar, prosedur dan kriteria, serta kebijakan kepada potensi pencarian dan pertolongan serta masyarakat dan untuk mensinergikan pelaksanaan operasi pencarian.

“Koordinasi kesinergian ini sangat diperlukan mengingat pencarian dan pertolongan adalah tugas kemanusiaan yang menjadi tanggungjawab kita bersama. Disamping itu, kami juga menyadari bahwa Basarnas tidak sepenuhnya mempunyai kemampuan untuk menangani semua kecelakaan,” katanya.

Dikatakan, secara geografis wilayah Maluku Utara cukup luas dengan daerah perairan serta cuaca yang cepat berubah dan berpotensi terhadap terjadinya kecelakaan penerbangan, bencana dan musibah lainya.

“Tugas pencarian dan pertolongan keselamatan jiwa manusia akibat bencana dan musibah merupakan tugas kita bersama, setiap orang punya kewajiban untuk memberikan portolongan kepada orang lain yang sedang tertimpa musibah atau bencana. Oleh karena itu, diperlukan pembinaan terhadap personil yang akan terlibat dalam operasi pencarian dan pertolongan,” ujarnya.

S. Riyadi juga mengajak segenap elemen masyarakat baik dari kalangan pemerintah maupun swasta untuk bersama-sama menyatukan gerak dan langkah dalam memberikan pelayanan kemanusiaan terbaik kepada masyarakat.

“Basarnas melalui kantor Basarnas kelas B Ternate akan berperan sebagai motor penggerak dalam melaksanakan fungsi pembinaan serta pengoordinasian terhadap potensi pencarian dan pertolongan yang ada sehingga pada saat dibutuhkan pencarian dan pertolongan tersebut dapat di maksimalkan untuk membantu melaksanakan,” ungkapnya.

S. Riyadi berharap, kegiatan pelatihan ini dapat menghasilkan semangat kemanusiaan, kesatuan pola pikir dan pola berindak. “Harapan kami, melalui pelatihan potensi pencarian dan pertolongan ini dapat menghasilkan semangat kemanusiaan, kesatuan pola pikir dan pola tindak,” harapnya.

Turut hadir di acara pembukaan pelatihan tersebut, Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah, Sekot Ternate M. Tamrin, Kasat Sabhara Polres Ternate AKP Hefrizon, Pasiop Lanal Ternate Mayor Laut A. Yani Albugis, Pasi Puanter Korem 152 Babullah Mayor Inf. Rusmin Nuryadi, Sekertaris BPBD Malut Ali Yau, Kwarsda Malut Fauji Koda, LSM Asgar Saleh dan Kepala Pemadam Kebakaran serta personil Basarnas Ternate. (Alan)

Komentar