oleh

Kades Capalulu Diduga Gunakan DD Beli Mobil Pick up Pribadi

SANANA – Kapala Desa Capalulu, Kecamatan Mangole Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), M. Ali Umasangadji diduga gunakan Dana Desa (DD) untuk membeli satu unit mobil pick up bekas berwarna putih.

“Ali Umasangaji diduga menggunakan DD 2016 sebesar Rp 61 juta untuk membeli satu unit mobil pick up bekas warna putih dari pemilik toko Central Tehnik di Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, diketahui bernama Edi yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Kepsul,” kata mantan bendahara Desa Capalulu Aswad Sangadji belum lama ini.

Aswad menyebut, pada tanggal 12 Oktober 2016, Kades dari Capalulu ke Sanana menggunakan longboat desa dengan membawa uang sebesar Rp 13 juta.

“Sekitar pukul 9.00 WIT, Kades bawa saya ke Bank Maluku-Maluku Utara cabang sanana untuk menarik uang DD senilai Rp 53 juta yang diisi dengan plastik keresek ditambah dengan uang yang dia bawa tadi,” ujarnya.

Usai penarikan. Lanjut Aswad, uang DD Rp 53 juta yang di tarik dari Bank Maluku-Malut saat itu dirinya yang memenang. Setelah keluar dari Bank hanya dengan jarak 5 langkah dari Bank tepatnya di depan Bank, Kades langsung mengambil uang yang terisi dengan tas dengan berkata “Mari om pegang dan nanti om ganti,” ungkap Elong sapaan akrab Aswad.

Elong mengaku, hanya berselang beberapa jam kemudian mobil pick up yang saat ini dijadikan barang pribadi itu sudah terbayar lunas dengan pemiliknya.

“Uang sebesar Rp 53 juta itu tidak ada bukti dengan jelas. Tak hanya itu, sejumlah pos Pemberdayaan Masyarakat Desa sebesar Rp 187 juta yang ada di dalam Rencana Anggaran Biaya Desa 2016 juga diduga fiktif karena tidak ada bukti dilapangan,” tandasnya. (Raf)

Komentar