oleh

Kades dan Perangkat di Kecamatan Jailolo Bakal Tes Urine

Ilustrasi

JAILOLO – Penangkapan bandar Narkoba jenis Shabu oleh tim unit Resmob Polres, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) beberapa waktu lalu turut menuai respon pihak Kecamatan Jailolo. Dengan merespon itu pihak Kecamatan akan bekerjasama dengan BNNP untuk lakukan tes urine kepada Kades maupun perangkat Desa.

“Sementara kita benahi internal terlebih dahulu sebelum keluar, dan ini akan kita tindalanjuti melalui MoU dengan BNN,”ungkap Camat Jailolo, Hairudin Saifudin kepada awak media, Selasa (06/8).

Hairudin menegaskan, peristiwa penangkapan bandar Narkoba yang sudah beraktifitas sejak lama itu sangat diseasali, kejadian tersebut tentunya menandakan kelemahaan akan pengawasan.

“Yang pasti ini sangat memalukan apalagi peredaranya sudah cukup lama, kita semua lemah dalam pengawasan. Kedepan hal-hal seperti ini penting untuk dievaluasi,” tegasnya.

Selain lakukan test urine terhadap Kades dan aparatur Desa, pihaknya juga mengupayakan tes urine terhadap warga yang merasa dicurigai khususnya di wilayah Desa Gufasa, Soakonora, Goemaadu maupun Jalan Baru.

“Yang pasti kita lakukan secara bertahap, aparatur Desa juga kita harapkan berperan aktif terhadap pendatang ataupun warganya yang dicurgai, agar bisa dilakukan pencegahan,” pintanya.

Hairudin menyebut, adanya peranan lintas sektor terkait upaya peredaran narkoba di wilayah Kecamatan Jailolo, kaitan dengan tes urine terhadap aparatur Desa yang nantinya ada yang dinyatakan positif. Tetap bakal ditindaklanjuti berdasarkan hasil pemeriksaan.

“Kalau tes kemudian ada yang positif tentunyan akan dikenakan sangsi,” tandanya. (Jojo)

Komentar