oleh

Kadistan Programkan Kelapa Unggulan Lokal Menjadi Unggulan Nasional

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Sul. Ahmad Idris Baguna

SANANA, Lintasmalut.net – Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Kepauan Sula Provinsi Maluku Utara, Ahmad idris Baguna, programkan 2019 melakukan pelepasan faritas kelapa unggul lokal menjadi unggul Nasional.

“Penetapan pohon induk terpilih kurang lebih 1600 sekian yang diperkirakan bulan depan ini, dari Tim Balikpalma dibawa pimpinan Profisor Hengki dan Drs Ismail ke Sula untuk melakukan pengamatan terakhir,”ungkap Idris saat ditemui wartawan di ruangan kerjanya, Rabu (30/1/2019).

Lanjutnya, hal ini kami akan mengusulkan ke Kementrian Pertanian dalam rangka pelepasan faritas, sehingga Sula diprioritaskan akan memiliki faritas kelapa unggul nasional (Nui Sua).

Idris menjelaskan, apabila Sula tidak memiliki unggul lokal maupun unggul Nasional, maka kegiatan-kegiatan yang di lokasikan oleh Kementrian Pertanian benih atau bibit-bibit itu akan disuplai dari luar, sebab salah satu penentuan untuk mendapatkan alokasi kegiatan terutama perkembangan komuditas perkebunan husunya kelapa, maka Daerah yang bersangkutan harus memiliki Blok penghasilan tinggi maupun pohon induk terpilih.

“Kami dari Dinas Pertanian berkeinginan untuk mengadakan pengamatan berkelanjutan, agar terjadi faritas (Nui Sua) di 2019 sampi 2020, sehingga bukan saja di Morotai yang memiliki kelapa biro, tapi Sula juga. Program tersebut di anggarkan melalui APBD, itu untuk pelepasan Nui Sua dari unggulan lokal menjadi unggulan Nasional ’’jelas Idris.

“Ada juga kegiatan pengembangan Kopi yang nantinya di pusatkan di Sulabesi Timur sekitar 10.000 bibit tepatnya di Desa Sama, kemudian di Pulau Mangoli” cetusnya (Mr.f)

Komentar