oleh

Kantor Lurah Takoma dan 9 Bangunan Milik Warga Ludes Terbakar

Kobaran Api menutupi wilayah Kantor Lurah Takoma senin 18/2/2019 Puku.15:22.Wit (foto ist/mud)

TERNATE, Lintasmalut.net – Kebakaran terjadi di RT.004 RW.02 Keluraha Takoma Kecamatan Ternate Tengah Kota Ternate Maluku Utara (Malut) menghanguskan sedikitnya Sembilan gedung milik warga dan satu gedung Kantor Lurah Takoma, Senin (18/2/2019) Sekira pukul 14.30 WIT.

Api diduga berasal arus pendek kosleting listrik dari dalam Kantor Lurah tepatnya diatas plafon kamar madi, sehingga merembat diseluruh bangunan Kantor Lurah. Tiupan angin semakin kencang membuat api dengan cepat menyebar ke sejumlah bangunan yang berdekatan Kantor Lurah sehinga menghanguskan sedikitnya 6 unit rumah tinggal, 2 unit Kios sembako, 1 depot BBM serta 1 gedung Kantor Lurah Takoma.

Kobaran api semakin besar dan berlangsung sekitar 1 jam dan api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 17.50 WIT setelah 7 unit kendaraan Pemadam kebakaran dibantu 2 unit water canon milik Polda Malut beserta warga Takoma melakukan upaya pemadaman.

Data yang dihimpun Lintas Malut di lokasi kejadian menyebutkan, 6 unit rumah yang terbakar itu, milik keluarga Haji Amina, Jufri Raman, Saiful Turui, Sudaryanto, Mudasir dan keluarga Sisilia Agustina Yoel, sedangkan 1 tempat usaha depot BBM, tercatat milik Hj. Fikar. Selain itu, 2 kios sembako yang ikut terbakar, diketahui milik Emmang dan Haryanto. Selain itu, 1 gedung Kantor Lurah Takoma, juga ikut terbakar.

Kepala Seksi Pencegahan Damkar Kota Ternate, Doni kepada menjelaskan mengatakan, untuk memadamkan api, pihaknya menerjunkan 7 unit kendaraan Damkar bersama sekitar 50 personil dibantu 2 unit water canon milik Polda Malut dan warga sekitar.

“Proses pemadaman mengalami kesulitan sebab arah angin berhembus dari arah timur cukup kencang, sehingga proses pemadaman yang dilakukan personil alami kesulitan karena arah angin hingga dilakukan blok agar tidak bisa merembet ke yang lain,” ujarnya.

Asap api menyelimuti Kantor Lurah Takoma

Sementara itu, Lurah Kelurahan Takoma, hingga berita ini dipublish belum dapat memberikan keterangan resmi soal kejadian tersebut, karena masih dalam kondisi troma.

Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda kepada wartawan di lokasi mengatakan dugaan sementara asal api berawal dari kantor lurah Takoma.

“Api dengan cepat merembet pada sejumlah rumah yang berdekatan dengan Kantor Lurah tersebut, sehingga menghanguskan 9 rumah milik warga setempat,”Kata Kapolres.

Dalam peristiwa itu, tidak menelan korban jiwa, namun sejumlah harta warga ludes terbakar.

“Saat ini belum identifikasi, terkait dengan kerugian sejauh ini juga belum didata dan untuk materi semuanya hangus”Kata Kapolres.

Lanjut Kapolres, 7 mobil dikerahkan semua, dan untuk data rumah nanti kita data lebih jelas, yang pasti ada kurang lebih 9 rumah dan 1 kantor lurah yang jadi sasaran,”Jelas Kapolres.(red)

Komentar