oleh

Kapal Tol Laut KM. Logistik Nusantara 3 Bakal Masuk di Halbar

JAILOLO – upaya Bupati Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy untuk menghadirkan Tol Laut di Halbar, akhirnya terwujut.

Sebelumnya, pada september 2019 lalu, Bupati melakukan pertemuan bersama Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag Suhanto yang didampingi Direktur Sarana dan Logistik Kemendag S Pohan dan Kadisperindagkop Martinus Djawa di ruang rapat Dirjen PDN.

Pada pertemuan tersebut, Bupati menyampaikan kepada Dirjen, arus barang dan kebutuhan pokok di Halbar sangat penting untuk membantu kebutuhan masyarakat, maka kehadiran kapal Tol Laut di Halbar sangat dibutuhkan untuk menekan harga bahan pokok dan perputaran ekonomi.

“Alhamdullah, akhirnya Mendag mewujudkan permintaan kita, sehingga dalam beberapa waktu kedepan, kapal Tol Laut sudah bisa masuk di Halbar,” ungkap Bupati kepada awak media, Senin (6/01/20).

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Halbar ini menjelaskan, dirinya berupaya menghadirkan kapal Tol Laut di Halbar agar arus perdagangan di Halbar bisa lebih lancar dan harga barang bisa ditekan seperti harga yang ada di pulau Jawa.

“Langkah ini diambil untuk menopang perputaran eknomi di Halbar, bahkan hasil bumi yang ada di Halbar juga bisa dijual di luar daerah menggunakan kapal Tol Laut,” jelasnya.

Sementara Kadis Kominfo Halbar, Chuzaemah Djauhar menambahkan, untuk jadwal kapal sudah dikeluarkan oleh PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), sehingga kapal Tol Laut KM. Logitik Nusantara 3 dijadwalkan dari Kota Makasar pada Senin (6/01/20) dining hari dan tiba di pelabuhan Matui Jailolo, Senin (13/01/20) pekan depan.

“Jadi kapal Tol Laut dari Tanjung Perak Surabaya, Makasar, Jailolo, Morotai dan kembali lagi ke Tanjung Perak,” katanya.

Emma sapaan akrab Chuzaemah mengungkapkan, hadirnya kapal Tol Laut di Halbar merupakan hubungan koordinasi yang baik yang dilakukan oleh Bupati Danny dengan pihak Kemenhub, sehingga kapal Tol Laut sudah bisa masuk di Halbar.

“Semoga dengan hadirnya kapal Tol Laut ini, bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha dan khususnya masyarakat yang ada di Halbar,” pungkasnya. (BAF)

Komentar