oleh

Kategori Zona Kuning, Diperketat Syarat Masuk ke Pulau Taliabu

BOBONG,  LM –  Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, terus melonjak.

Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu pun akan memperketat protokol kesehatan bagi warga yang masuk ke Taliabu.

Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus menyatakan, saat ini Kabupaten Pulau Taliabu sudah masuk zona kuning dari sebelumnya zona hijau. Ini akibat adanya lonjakan kasus positif Covid-19.

“Jadi setelah saya cek ke Dinas Kesehatan Taliabu sudah masuk zona kuning, ini keluar satu level dari zona hijau,” tutur Aliong, Kepada sejumlah wartawan, Jumat (30/7/2021).

Selain zona kuning, kata Aliong, saat ini sejumlah daerah yang berdekatan dengan Kabupaten Pulau Taliabu mengalami lonjakan penyebaran Covid-19 yang sangat tinggi. Alhasil, warga Taliabu sangat rentan terpapar virus.

“Luwuk saat ini sudah masuk zona merah, dan tentunya sangat berpengaruh terhadap Taliabu karena hampir setiap hari ada transportasi dari Luwuk yang masuk ke Taliabu,” ujar Bupati.

Untuk itu, Pemda Taliabu akan memperketat protokol kesehatan bagi warga atau pelaku perjalanan ketika hendak masuk ke Pulau Taliabu. Yakni wajib melampirkan hasil tes swab antigen dan PCR.

“Dan sudah pasti yang masuk ke Taliabu harus ada hasil swab antigen, PCR dan sertifikat vaksin. Kita akan tegas prokesnya,” tegasnya.

Ia berharap masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu selalu mawas diri dan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Harapan saya kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga protokoler kesehatan,” tandas Aliong. ( tim )

Komentar