oleh

Keluarga Korban Minta PT. Fungka Permata Group Fasilitasi Pemulangan Jenazah

-NASIONAL-59 views

JAKARTA, LM–  Pasca terbakarnya KM. Fungka Permata V  yang merupakan kapal penumpang milik perusahan pelayaran PT. Fungka Permata Group ( FPG)  di perairan Kepulauan Banggai laut (Sulawesi Tengah )  tepatnya pada koordinat 02 0′ 41.67″S – 123 22′ 37.66″E, jumaat (14/9/2018)  sekira pukul 19.50 WITA.

Seperti dikutip dari laman , Zonasultra.com , Korban meninggal dalam musibah terbakarnya KM Fungka Permata V hingga siang ini bertambah menjadi 13 orang. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) gabungan melaporkan, jika hingga siang, Sabtu (15/9/2018), total korban yang telah dievakuasi mencapai 139 orang.

“Sebanyak 126 orang itu dievakuasi di Banggai Laut dalam keadaan selamat, dan 10 orang itu meninggal dunia. Dan tiga orang yang baru ditemukan itu meninggal dunia, satu orang dievakuasi Bangkurung dan 2 orang ditemukan oleh KN Pacitan,” jelas Kepala Basarnas Kota Palu, Basrano.

Tim gabungan Basarnas Kota Palu dan Kota Kendari pun, lanjutnya, terus melakukan proses pencarian. Di mana masih terdapat 7 orang korban hilang dalam musibah tersebut.

“Dan rencananya tiga korban yang baru ditemukan tadi, akan dievakuasi ke Banggai Laut sembari terus melakukan pencarian terhadap 7 orang lainnya,” ucapnya.

KM Fungka Permata V merupakan kapal penumpang yang tengah melakukan perjalanan laut menuju Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (14/9/2018). Kapal itu berlayar dari Raha, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Akan tetapi, dalam perjalanannya kapal yang dinakhodai Andi Sulistiono itu terbakar di sekitar perairan Pulau Sagu, Kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai Laut, Sulteng.

Sementara itu,pihak keluarga korban yang diketahui telah meninggal dunia meminta agar  PT. Fungka Permata Group yang berpusat di Kota Bau-bau ( Sulawesi Tenggara) segera memfasilitasi pemulangan jenazah ke kampung halaman,khususnya bagi para korban meninggal dunia asal Kabupaten Pulau Taliabu dan Kabupaten Kepulauan Sula (Maluku Utara).

“Kami minta agar jenazah keluarga kami difasilitasi untuk dipulangkan ke desa masing-masing,” pinta La Pili  yang merupakan keluarga dari korban atas nama Ny. Nursamsi  warga Desa Losseng,kecamatan taliabu timur selatan ,Kabupaten Pulau Taliabu (Maluku Utara) via telepon selulernya,sore  tadi.

Untuk diketahui, KM Fungka Permata V ini berlayar menyusuri rute dari Baubau lalu ke Raha di Sultra. Kemudian ke Banggai Laut, di Sulteng lalu ke Taliabu dan finish di Sanana -Maluku Utara. (int)

Komentar