oleh

Kembangkan Potensi Budaya di Kepsul, Dikbutpar Gelar Festival Maksaira

Kadis pariwisata Muhammda Drakel.dan ketua panitai Idham Buamona (Foto/Rahman/lintasmalut.co.id)

SANANA – Pemerintah Derah (Pemda) dalam hal ini Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Dikbutpar) Mengembangkan Potensi Budaya di Kepsul dengan melaksanakan kegitan Festival Maksaira  di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut) yang akan di gelar pada 14 Agustus mendatang.

Kepala Dinas (Kadis) Parawisata dan Kebudayaan (Dikbutpar) Muhammad Drakel, Selasa (6/8/2019) mengatakan, kegiatan Festival  Maksaira ini sudah di laksanakan sebanyak tiga kali berarti keinginan kita begaimana bisa mengembangkan potensi budaya yang kita miliki. olehnya itu pelaksanaan kegiatan festival Maksaira ini yang paling di minati masyarakat Sula yaitu Gabalil Hai Sua (keliling tanah Sula)

Muhammad Drakel menutrkan, saat ini banyak yang sudah mendaftar untuk kegitan gabalil hai sua.  dengan peserta yang sudah terdatar 37 peserta, 1 peserta jumlahnya 10 orang  berarti di perkirakan 370 orang yang nanti melaksanakan Gabalil Hai Sua.

“Jadi Gabalil Hai Sua ini proses perjalanan ritual yang pernah di laksanakan masyarakat Sula belumnya jadi kita hendak melaksanakan kegitan ini karna ini menjadi satu budaya yang memang tidak perlu kita lupakan, katanya.

Ia juga mengatakan, kita fakuskan untuk kegitan ini tempat-tempat sejarah yang akan menjadi tempat persinggahan atau tempat untuk pengenalan sejarah yaitu Air Santosa yang berada di Desa Fukweu, Lida Kota di Desa molbufa dan Kota Tua yang ada di tanjung Waka Desa Fatkauyon,” Ucapnya.

Lanjut, kemudain  pembukaan kegitan pada tanggal 14 agutis dan untuk  pelepasan peserta gabilil hai sua pada tanggal 17 Agustus setelah selesai ucapara, yang di buka lansung oleh Bupati, tambahnya.

“Dari peserta yang akan melakukan kegian gabalil hai sua ( keliling tanah Sula) ada juga dari anggo TNI dan polres yang turut partisipasi untuk kegiatan, ada juga dari masyarakat kabau laut dua regu dan kabau darat satu regu. Tutup Muhammad Drakel. (Mr.f)

Komentar