oleh

Kemenag Kepsul Gelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten

Pose bersama Kepala Kemenag beserta staf Kepsul bersama Siswa (Foto/Rahman/lintasmalut.co.id)

SANANA – Kementerian Agama Kabuapten Kepualauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Seksi pendidikan Madrasah Gelar kegiatan Kompotisi Sains Madrasah tingkat kabuapten yang berlangsung di Aula MAN Sanana, Sabtu (20/7/2019) kemarin.

Kepala kementrian Agama Kepsul, Hi, Ridwan Kharie, dalam Sambutannya ia menyampaikan. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan.

“Era kompetisi global melahirkan tantangan pada berbagai aspek kehidupan umat manusia, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pendidikan pada era ini harus mampu mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter kuat, jujur, kokoh, tahan uji, kompetatif, serta memiliki kemampuan yang handal di bidangnya,”Ujar Ridwan.

Menurutnya Realisasi pendidikan yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan kreatif merupakan hal mutlak untuk dimiliki setiap peserta didik dalam menghadapi tantangan di era kompetisi global, sehingga desain isi materi kompetisi diberikan materi agama Islam.

“Perpaduan sains dan al-Qur’an tidak bisa di lepaskan karena memang fakta ilmiah dalam al-Qur’an telah terbukti kebenarannya yang telah banyak di temukan oleh para ilmuwan. Pendidikan madrasah mengarah bagaimana siswa dapat menemukan kebenaran al-Qur’an dari aspek sains dan teknologi.

Ia pun menambahkan Kegiatan KSM Tahun 2019 merupakan yang kelima kalinya di laksanakan oleh seksi pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Sula.

“Program ini setiap tahun di laksanakan dalam rangka terus mendorong siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama,”Tutrnya.

Lanjut Ridwan. Secara umum kegiatan KSM bertujuan Menjadi wahana bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa Madrasah.

“Memotivasi siswa Madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama,”Katanya.

Menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa Madrasah; Memberikan kesempatan yang sama bagi siswa Madrasah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.

Secara terpisah Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Samsudin Nuhuyanan, menjelaskan, Jenis Bidang Studi yang di kompetisikan terdiri dari 11 Bidang Lomba yakni Tingkat MI : Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi.

Sementara tkngkat MTs : Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS terpadu terintegrasi tingkat MA :Matematika terintegrasi, Biologi terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi.

“Kegiatan ini diikiuti oleh para Siswa MI, MTs dan MA Se-Kabupaten Kepulauan Sula yang berjumlah,169, Siswa. Terdiri dari: Tingkat MI : 36 siswa, Tingkat MTs : 69 siswa, Tingkat MA 64 siswa,”Jelasnya.

Samsudin pun berharap dengan melalui kegiatan KSM ini kita bisa mengetahui dan mengukur kompotisi siswa Madrasah di bidang Sains dan Pendidikan Agama Islam.

“Karena kegiatan ini teritegrasi (Gabungan) antar sains dan Agama sehingga kita bisa mengukur kemampuan mereka di dua bidang tersebut.Tutup Samsudin.

Diketahuk yang menghadiri Kegiatan ini yakni Kepala Kementrian Agama Kepsul Hi.Ridwa Kharie, Kasi pendidikan Madrasah, Ksubag Tatausah, Kasi Biamas Islam, Seksi Penyelnggara Haji dan Umroh, Pengawas Madrasah, Kepala-kepala Madrasah, Guru-Guru pendamping dan peserta dari MI, Mts MA Sekabuapen Kepualaun Sula. (Mr.f)

Komentar