oleh

Kemendes Kucurkan Rp 1,4 Miliar Untuk Gudang dan Alat Penggilingan Jagung di Halbar

JAILOLO – Petani jagung di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara (Malut) bisa bernafas lega. Pasalnya, Kementerian Desa (Kemendes) RI mengucurkan dana sebesar Rp 1,4 milliar untuk pembangunan gudang dan alat penggilingan jagung yang bertempat di Desa Ratem, Jailolo Selatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Halbar Asnath Sowo, menyampaikan, bantuan Gudang dan mesin penggiling jagung ini merupakan salah satu Pilot Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi produktif.

“Ini adalah kegiatan inkubasi mengelola bahan-bahan pertanian agar tetap awet, salah satu bergerak pada produksi jagung mulai dari biji dan tongkol jagung menjadikan nilai ekonomi, Hal ini akan membantu nilai produk jagung menjadi lebih tinggi karena bisa siap diolah dalam bentuk tepung misalnya,” kata Asnath di sela-sela peletakan batu pertama gudang penggilingan jagung, Rabu (25/9).

Ona sapaan akrab Asnath Sowo juga menjelaskan, jagung merupakan salah satu hasil produk hortikultura masyarakat Halmahera Barat yang cukup tinggi.

“Hadirnya workshop gudang penggilingan ini diharapkan berdampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan petani jagung di Halbar,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Jailolo Selatan, kepala BPP Kecamatan Jailolo Selatan, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten, Pendamping Kecamatan, Babinsa dan Babinkamtikmas serta kepala Desa se-Kecamatan Jailolo Selatan. (BAF)

Komentar