oleh

Kemenhan Gelar Lomba Parade Cinta Tanah Air

TOBELO- Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI melalui Kantor Wilayah Provinsi Maluku Utara (Malut), menyelenggarakan Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCT) tahun 2019 tingkat Perguruan Tinggi dan SLTA/Sederajat, di aula Kodim 1508/Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Selasa (30/07/2019).

Lomba PCT tahun 2019 ini mengusung tema “mewujudkan semangat generasi muda yang cinta tanah air dan bela negara sebagai dasar penggerak industri kreatif”.

Dalam sambutannya Plt. Kepala Kanwil Kemhan Provinsi Maluku Utara, Kolonel (Mar) Rahmat Djunaidi mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk membina mahasiswa dan siswa guna mewakili Provinsi Maluku Utara pada parade cinta tanah air tahun 2019 di Bali.

“Tanggal 11 September 2019 kita akan berangkat bersama-sama dan untuk akomodasi ditanggung Dirjen Pothan Kemenhan. Kami harap ada sesuatu yang baru di Tobelo, dimana selama ini kita laksanakan di Ternate,” harapnya.

Menurutnya, banyak adik-adik dari daerah merasa malu apabila berhadapan dengan peserta dari kota besar. “Dalam kegiatan ini peserta terdiri dari 21 tim dari Halut dan 2 tim dari luar Halut. Tahun berikutnya, Kemenhan melihat Halut sebagai percontohan pelaksanaan Kader Bela Negara,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Halut Frans Manery dalam sambutanya mengatakan, ini adalah sebuah momentum yang luar biasa, yang dilaksanakan oleh Kemhan Perwakilan Provinsi. Maluku Utara.

“Semangat juara memang masih kecil, mudah-mudahan lomba yang dilaksanakan ini dapat menambah semangat para generasi muda. Bagaimana kita menumbuhkan semangat kreatif generasi muda, agar generasi muda tidak hanya berpikir untuk menjadi pekerja atau kariawan,” ungkapnya.

Kegiatan dihadiri oleh Plt. Ka Kanwil Kemhan Prov. Maluku Utara Kolonel Mar Rahmat Djunaidi, Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manery, Dandim 1508/Tbl Letkol Kav Tri Sugiarto, Kasdim 1508/Tbl Mayor (Inf) Robi Manuel, Kasatpol PP Pemkab Halut, staf Kemhan Wilayah Provinsi Maluku Utara, para juri, guru pendamping, para peserta.

Dalam kegiatan tersebut keluar sebagai juara 1 SMAN 6 Halut dengan membawakan produk hasil pengolahan beras dengan bahan dasar dari Talas (Bete), juara 2 SMAN 1 Halut dengan membawakan produk olahan Teh dengan bahan dasar dari Jahe, sementara juara 3 yaitu SMAN 1/Kota Ternate membawakan produk  ikan Ngafi rempah (WYU-1508/RM)

Komentar