oleh

Kementerian Perhubungan Bakal Bangun Pelabuhan Ferry di Loloda

JAILOLO – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) bakal membangun pelabuhan Ferry di Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) 2020 mendatang.

Dalam waktu dekat ini tim dari Kemenhub akan turun melakukan survei kelayakan lokasi pelabuhan yang direncanakan dibangun di Desa Tuguis, Kecamatan Loloda.

“Rencana survei oleh tim dari Kemenhub itu sudah dilakukan konfirmasi langsung kepada Direktur ASDP, sehingga dijadwalkan pada desember nanti tim sudah berada di Jailolo,” ungkap Kadishub Halbar, Suwandi Hi. Gani kepada awak media, Rabu (20/11).

Suwandi menyebut, survei yang nantinya dilakukan bukan saja di Loloda. Namun, di pelabuhan Ferry Sidangoli juga dilakukan survei karena direncanakan ada pembukaan rute baru Sidangoli-Bitung.

“Pembangunan pelabuhan Ferry di Loloda sudah menjadi program Kemenhub, sehingga tetap akan dibangun di tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Suwandi menjelaskan, untuk proses survei yakni kedalaman laut dan lahan serta lokasi atau areal pelabuhan. “Untuk pembangunan pelabuhan di loloda dan nantinya kapal ferry akan melakukan rute Loloda-Ternate,” jelasnya.

“Apa yang disampaikan pak bupati bukan pembohongan tapi hal itu akan terwujud, karena sudah menjadi program Kemenhub untuk membangun pelabuhan Ferry di Loloda,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Halbar, Ramli Naser mengaku, untuk pembebasan lahan sudah tidak ada masalah, karena dari pihak pemilik lahan sudah menyetujui sehingga tinggal dilakukan perhitungan oleh pihak Appraisal untuk menentukan harga lahan. “Untuk lahan pembangunan pelabuhan ferry tidak ada lagi masalah,” akunya. (BAF)

Komentar