oleh

Kemeriahan HUT RI Ke-76 di Kampung Tua Gamlaha

TIDORE, LM –  Semangat memeriahkan HUT RI Ke 76 tampak terlihat pada warga masyarakat kampung tua Gamlaha, Kelurahan Rum, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan. Ini terlihat ketika warga masyarakat kampung tua Gamlaha, Selasa (17/8/2021).

Gamlaha dalam bahasa lokal Tidore memeliki arti Kampung yang bagus, dahulu merupakan pemukiman lama sebagian warga masyarakat Rum di masa pendudukan Jepang, yang saat ini sebagian besar warganya sudah turun bermukim di pesisir menempati komplex Kahar di Kelurahan Rum serta beberapa warganya juga telah menyebar ke berbagai tempat serta telah banyak keturunannya. Kampung tua ini berada di perbukitan tepat 1 kilometer dari Kelurahan Rum.

Basri Hamid, salah satu tokoh pemuda yang turut serta dalam menyelenggarakan Upacara Peringatan HUT RI Ke-76 di Kampung Tua Gamlaha kepada Lintas Malut  menuturkan bahwa kegiatan peringatan HUT RI Ke 76 di Kampung Tua Gamlaha ini diselenggarakan atas inisiatif lingkungan 03 Kelurahan Rum bersama beberapa tokoh masyarakat atas persetujuan pemerintah Kelurahan Rum.

“Kegiatan ini atas inisiatif gabungan pemuda lingkungan 03 Kelurahan Rum dan beberapa tetua kampung maupun toko masyarakat. Kami berkoordinasi dengan kepala kelurahan berinsiatif untuk melakukan upacara HUT RI Ke 76 di kampung tua gamlaha, dengan tujuan agar masyarakat bisa berpartisipsi dalam HUT RI ke 76 walaupun sederhana, sebagai upaya mengingat kembali sejarah salah satu perkampungan lama yang cikal bakal adanya Kelurahan Rum. Upacara ini merupakan suatu perwujudan mengingat kejayaan kampung tua Gamlaha di msa lalu”, ungkap Basri.

Dalam pelaksanaan Upacara tersebut juga diberlakukan protokol kesehatan. Bertindak sebagai sebagai inspektur upacara Bapak Kamis Sama dan Kinau Miraji sebagai pemimpin upacara serta  Yahyudin Miraj sebagai koordinator lapangan dan pelatih pengibar bendera. ( FAN )

Komentar