oleh

Kepala Inspektorat Sebut Perencanaan Sejumlah SKPD di Halbar Tidak Sesuai RAB

Kepala Inspektorat Halbar Julius Marau (foto ist. Fardi M.Nur)

JAILOLO, Lintasmalut.net – Kepala Inspektorat Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara, Julius Marau, sebut perencanaan Seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Halbar tidak sesuai Recana Anggaran Biaya (RAB).

“Setiap perencanaan yang dibuat oleh setiap Kepala Dinas beserta perangkatnya di Halbar tidak sesuai dengan RAB, sehingga banyak temuan yang terdapat dilapangan,”Ungkap Julius saat ditemui Wartawan Rabu (6/2/2019) di Kantor Bupati Halbar pukul 10:30 Wit.

Julius mengatakan, Setiap program kerja yang dilakukan banyak ditemukan bahwa tidak sesuai dengan RAB sehingga dalam pemakaian bahan yang telah tercantum ternyata tidak sesuai dan ini sering ditemukan oleh pihak inspektorat saat melakukan audit terhadap pekerjaan yang dilakukan SKPD.

Menurutnya, dalam setiap laporan yang disampaikan masyarakat tentang pelanggaran penggunaan aggaran biasanya langsung ke pihak kepolisian kemudian masyarakat mengharapkan agar pihak inspektorat menindak lanjuti tentang pelanggaran tersebut,

“Padahal itu menyalahi cara dari pihak Inspektorat, karena Inspektorat turun secara maksimal jika yang dilaporkan secara langsung dengan cara Standard Operating Procedures (SOP) dan tertulis disertai dokumen-dokumen pendukung agar pihak Inspektorat langsung menindak lanjuti,”Jelas Julius.

Dia juga menuturkan, jika pihak Inspektorat tidak menindak lanjuti maka sudah dipastikan bahwa hal yang dilaporkan itu tidak memenuhi syarat SOP.

“Biasanya laporan yang disampaikan juga tidak sesuai dengan apa yang terjadi dilapangan. Ini adalah kejadian laporan secara umum bukan khusus dalam dana desa contohnya,”Ujarnya.

Julius berharap setiap laporan dari masyarakat tentang pelanggaran gar sesuai mekanisme,”Harapan saya kedepan agar dalam pemberitahuan pelanggaran mengenai pendanaan harus sesuai aturan Inspektorat agar bisa langsung ditindak,” Cetus Julius. (Fmn)

Komentar