oleh

Ketua KPU Halbar Tegaskan PPK Jangan Berbuat Curang Saat Pleno

Ketua KPU Kabupaten Halmahera Barat, Abjan Raja (Foto:Bur/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Abjan Raja tegaskan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk tidak berbuat curang saat pleno rekapitulasi suara dari tingkat PPS.

Abjan menegaskan, masyarakat menginginkan agar Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota berjalan aman dan tanpa kecurangan, sehingga hak atau suara yang telah diberikan itu dijaga dengan baik, tidak perlu dikurangi dan tidak perlu ditambahkan.

“Suara yang diberikan oleh rakyat tidak perlu dirubah dan ditambahkan, jalankan pleno sesuai prosedur yang berlaku,”tegasnya saat ditemui diruang kerjanya, Senin (29/4/2019).

Abjan menyebut, pleno rekapitulasi surat suara ditingkat PPK sudah mau tuntas, sehingga dirinya berharap kepada PPK tidak membangun deal politik dengan Partai Politik (Parpol) tertentu untuk menambah dan mengurangi suara rakyat yang telah diberikan.

“Integritas penyelenggara saat ini diuji, sehingga berapapun Parpol atau kandidat yang mendapatkan suara tidak perlu ditambahkan atau dikurangi,kita sebagai penyelenggara tidak tuduh melakukan kecurangan,”ucapnya.

Abjan juga mengaku, dirinya akan mengawal seluruh tahapan pleno ditingkat PPK, jika ditemukan ada perbedaan suara atau PPK sengaja merubah suara ditingkat PPK, dirinya akan melakukan perbaikan pada saat pleno tingkat KPU.

“Saya sampaikan kepada semua Parpol untuk mengawal suaranya masing-masing, jika ada perubahan saat pleno PPK, maka kami akan perbaikan dan melakukan pencocokan data pada saat pleno KPU,”pungkasnya. (Bur)

Komentar