oleh

Kisah Usman Sidik, Sempat Nyambi Jadi Buruh Pelabuhan dan Pewarta, Kini Jadi Bupati

TAKDIR seseorang tidak ada yang tahu. Siapa sangka yang dulunya jadi buruh pelabuhan hingga melakoni pekerjaan sebagai pewarta (wartawan, red), kini mendapat amanah rakyat menjadi Bupati.

Begitulah perjalanan karier Putra Orimakurunga, Kayoa Selatan, H. Usman Sidik yang sukses menjadi Bupati Halmahera Selatan.

Lelaki kelahiran Orimakurunga, 13 april 1973 menempuh pendidikan dari SD hingga SMP di tanah kelahirannya, lalu melanjutkan ke jenjang SMA di tanah rantau di Desa Guruapin dan menyelesaikannya di Kota Ternate.

Lahir dan dibesarkan dari keluarga sederhana, Usman kecil sudah diterpa kerasnya hidup. Karena kondisi hidup yang sulit di kampung kelahiran, kedua orang tuanya memutuskan hijrah dan ikut program transmigrasi Cabang Dua di Saketa, Gane Barat, untuk mencari penghidupan yang baru sembari merubah nasib.

Menginjak usia remaja, saat masih kelas III SMA, anak kedua dari tujuh bersaudara itu memilih merantau ke Ternate. Disana Ia memutuskan menjadi buruh di Pelabuhan Bastiong. Hari-hari dijalani dengan mengangkat barang milik penumpang yang datang dan pergi melalui pelabuhan Bastiong sembari berharap mendapat upah untuk biaya hidup di tanah rantau.

Pekerjaan buruh dilakoni hingga membuatnya nyaris putus sekolah. Beruntung ada salah satu kerabat dari kampung bernama Edi sapaan akrab Rusdi Somadayo mendorongnya agar menyelesaikan studinya. Usman kemudian menyelesaikan Sekolah di SMA Muhammadiyah Ternate.

Lulus dari SMA, Usman masih tetap melakoni pekerjaan sebagai buruh pelabuhan hingga suatu ketika memberanikan diri melamar kerja di PT. Barito Pasific Timber Group, Sidangoli. Kalah itu, perusahaan milik keluarga Cendana ini mempekerjakan ribuan tenaga kerja.

Di perusahaan itu, Ia bertugas di bagian penanaman pohon kayu. Tak dikira roda hidupnya berputar lagi jadi jurnalis (pewarta). “Suatu kali, saat menanam kayu di Gane Barat, saya bertemu dengan seorang wartawan yang sedang meliput di perusahaan. Dia mengajak saya jadi wartawan, akhirnya saya jadi wartawan.”ceritanya.

Profesi pewarta cukup lama digeluti dan pernah jadi kontributor beberapa stasiun televisi nasional diantaranya TPI dan RCTI. Dari pekerjaannya sebagai jurnalis, pergaulannya semakin luas. Ia punya banyak teman, dari pegawai, pejabat di pemerintahan, militer, dan kepolisian hingga pengusaha.

Ditengah kesibukan meliput berita, Suami Eka Dahlia Abusama itu juga berbisnis untuk menambah penghasilan. Sebuah media cetak harian didirikan dibawah bendera PT. Seputar Malut. Karena kesibukannya mengurus bisnis di Jakarta, media itu diserahkan sepenuhnya pada sang adik Samsudin Sidik mengelolahnya.

Di Jakarta, bisnisnya semakin berkembang, kehidupan ekonominya pun semakin mapan. Net working-nya semakin luas membuatnya banyak berteman dengan orang-orang penting di Ibukota. Dari pejabat, politisi hingga pengusaha ternama di negeri ini diakrabi.

Di Ibukota, Usman lebih akrab dipanggil Obama. Belakangan Ia terjun ke dunia politik dan sempat mengejutkan banyak pihak setelah diamanahi dua jabatan strategis di DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yakni Wakil Sekretaris Jenderal periode 2014-2019, dan Wakil Bendahara Umum periode 2019-2024.

Tahun 2019 Ia memutuskan maju sebagai calon Bupati Halmahera Selatan, kabupaten tempat kelahirannya. Ia menggandeng Hasan Ali Bassam Kasuba, anak mantan Bupati Halmahera Selatan Muhammad Kasuba mendampinginya sebagai calon wakil Bupati. Dengan kekuatan jaringan yang dimiliki, Usman mampu menggaet 9 Partai Politik mengusung mereka berdua.

Perjalannya maju sebagai calon bupati tak berjalan mulus. Ada banyak rintangan yang ditemuinya. Ia juga sempat diterpa isu tak sedap, namun takdir tetap berpihak kepadanya. Usman bersama pasangannya berhasil meraih suara terbanyak mengungguli rivalnya Helmi Umar Muksin – Laoda Arfa pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Desember 2020. Usman akhirnya ditetapkan sebagai Bupati Halmahera Selatan untuk satu periode kedepan.

Tanggal 24 Mei 2021, putra terbaik pulau Waidoba itu dilantik bersama pasangannya Basam Kasuba sebagai Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan oleh Gubernur Maluku Utara.

Kini keduanya mulai menjalankan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati di negeri bagian selatan Halmahera. Banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakannya. semoga sang Pewarta ini tetap Istiqomah dalam menjalankan amanah besar dari rakyat Halmahera Selatan hingga membawa kabupaten Saruma menjadi lebih baik dan maju dimasa mendatang. Wallahu alam.

Sumber : Jaretnews.com/Irwan Marsaoly

Komentar