oleh

KM Sumber Raya 03 Nyaris Tenggelam Diperairan Bangkep, 82 Orang Penumpang Selamat

Evakuasi Kapal Dan Penumpang Oleh Tin Sar Sultebg dan BPBD Kabupateb Taliabu Propinsi Maluku Utara

BOBONG, Lintasmalut.net – Kapal Motor (KM) Sumber Raya 03, yang membawa penumpang dari Kota Luwuk, Kabupaten Banggai dengan tujuan Kabupaten Taliabu, Provinsi Maluku Utara, nyaris tengelam di perairan Banggai Kepulauan karena diterjang gelombang besar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kapal berpenumpang 82 orang dan 9 orang anak buah kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Rakyat Luwuk pada (8/1/2019) malam. Cuaca ekstrim tengah melanda wilayah perairan Banggai dan Banggai Kepulauan mengakibatkan KM. Sumber Raya 03 mengalami kerusakan alias bocor di lambung kapal.

Situasi Genting, kapten kapal pun berusaha mendekati pantai lalu meminta pertolongan warga, akhirnya penumpang bethasil diturunkan ke darat, sementara kapal masih dalam kondisi bocor dan terombang ambing di tepi pantai.

Koordinator Basarnas Pos Luwuk, Al Kautsar mengemukakan pihaknya menerima informasi ada kecelakaan pelayaran dari Kepala BPBD Taliabu, Sutomo Teapon pada pukul 03.15 Wita. Lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) berada di perairan Pulau Bakalan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah dengan posisi 1°15’21.60″ LS – 123°25’50.50″ BT.

Setelah mendapatkan informasi itu, pada pukul 03.35 tim Basarnas Palu Pos Luwuk langsung bergerak ke lokasi dengan menggunakan 1 unit KN 204, 1 unit perahu karet dan peralatan SAR pendukung lainnya. Namun saat tim tiba di lokasi, seluruh penumpang sudah berhasil dievakuasi warga ke darat.

KM.Sumber Raya 03 saat Diamankan SAR Sulteng

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pultab, Sutomo Teapon saat ditemui media ini Rabu (9/1/2019). ” KM Sumber Raya ini merupakan kapal reguler Luwuk – Taliabu, pada saat kapal ini berlayar malam kemarin dengan rute Luwuk – Taliabu,

Namun dalam perjalanan, kata Sutomo, Kapal mengalami kecelakaan dengan kebocoran di sekitar lambung kapal, bersukur dengan kejadian itu kapal dapat di selamatkan SAR Sulteng dan kapal sudah aman di Kabupaten Banggai Laut (Salakan)” ungkapnya.

“setelah mendapat informasih dari Kapten Kapal, Pemda Taliabu melalui BPBD, langsung terjun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) sekaligus mengamankan para penumpang serta awak kapal sebagaimana sebelumnya telah di tangani tim SAR dari Sulawesi Tengah.

“dan penumpang dengan rute taliahu akan segera kami arahkan mereka segera kembali ke taliabu, untuk bertemu sanak kelaurga mereka”ujarnya (As)

Komentar