oleh

Kodim 1505 Tidore Jadi Tuan Rumah Perkemahan Bhakti Saka Wirakartika 2019

Dandim 1505 Tidore, Letkol Inf. Yayat Priatna Prihatina saat memberikan pengarahan kepada peserta (Foto:Yud/lintasmalut.co.id)

SOFIFI – Komando Distrik Militer (Kodim) 1505 menjadi tuan rumah kegiatan Perkemahan Bhakti Saka Wirakartika Korem 152 Babullah 2019. Kegiatan dengan tema ‘TNI AD melalui perkemahan generasi muda bangsa yang berkarya dan berwawasan serta serta berjiwa kesatria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air demi menjaga keutuhan NKRI’. dilangsungkan di bumi perkemahan Kipan D Yonif RK 732 Banau, Sofifi, Sabtu (13/7/2019) kemarin.

Dandim 1505 Tidore, Letkol Inf Yayat Priatna Prihatina menjelaskan, Komando Daerah Militer (Kodam) Pattimura pada (13/7) secara serentak melaksanakan serbuan teritorial dalam bentuk kemah bhakti pemuda yang dilaksanakan di Ambon dan sejumlah wilayah Provinsi Maluku. “Di maluku utara, kita sekaligus membangkitkan pramuka, makanya kita buat perkemahan bhakti saka wirakartika ditingkat provinsi selama 5 hari,”kata Dandim saat berada di lokasi, Minggu (14/7/2019).

Peserta dalam Kemah Bhakti ini terbilang cukup banyak yakni 1500 Peserta. Setiap Kwartir Cabang (Kwarcab) mengirimkan peserta pramuka penegak dengan jumlah yang variatif. Peserta terbanyak berasal dari Kota Ternate yakni 400 peserta, disusul Tikep 300, dan peserta yang paling sedikit yakni kabupaten terjauh Pulau Taliabu 28 peserta. Peserta yang dikirim mewakili Kwarcab yang bekerjasama dengan Kodim di kabupaten/kota.

Dandim menuturkan, selama kegiatan peserta disuguhkan dengan materi fisik maupun non fisik. Materi non fisik terdiri dari pengarahan wawasan kebangsaan, bahaya narkoba dan bahaya laten komunis. Sementara materi fisik adalah pengenalan lima Krida dalam Saka Wirakartika. “Krida Saka Wirakartika itu mulai dari navigasi darat, Pionir, montenering, aurvival dan penanggulangan bencana,”ungkapnya.

Selain itu. Sambung Dandim, ada sejumlah kegiatan yang dilombakan, bagi peserta perwakilan masing-masing Kwarcab yang berhasil meraih juara akan diberikan hadiah. Selain juara per item kegiatan, ada juga piala untuk kategori juara umum. “Kegiatan yang dilombakan seperti pentas seni tarian daerah dan vocal group,”ujarnya.

Dandim berharap, materi yang telah disampaikan oleh pelatih dalam perkemahan ini dapat diserap dengan baik oleh seluruh peserta, seluruh rangkaian kegiatan yang disusun oleh panitia tentu memiliki asas manfaat bagi peserta.

“Ini sebenarnya bukan hanya materi Tentara, seperti Montenering, Survival, kemudian Pionir, Navigasi Darat, kemudian penanggulangan bencana. Kita di Maluku Utara banyak masyarakat yang bergantung kepada alam, olehnya itu apa yang diajarkan disini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari apabila dicermati dengan baik,”harap Dandim yang juga ketua panitia Perkemahan Bhakti Saka Wirakartika 2019. (Alan)

Komentar