oleh

Kodim 1505 Tidore Resmikan Sekolah Rimba Suku Tobelo Dalam “Togutil” di Oba

TIDORE – Komando Distrik Militer (Kodim) 1505 Tidore meresmikan Sekolah Rimba Suku Tobelo Dalam “Togutil” (SRST) di Kota Tidore Kepulauan (Tikep). SRST ini dalam rangka Bimbingan Teritorial (Binter) terpadu Kodim 1505 Tidore tahun 2019.

Peresmian ini dilakukan di Desa Woda, Kecamatan Oba, Tikep, Sabtu (30/11) dan Dihadiri Kasdim Mayor Inf Sihono, Danramil Oba Kapten Inf Ashino, Pasiter Lettu Inf Abd. Basir Elly, Kapolsek Oba Ipda Ryan Tiantoro putra, Sekcam Oba Mohtar Thaib, Kades Woda Umar Syarif, Kades Toseho Adnan, DPD Yayasan Ponpes Hidayatullah Kosa Ustad Ahmad Zaini dan DPW Ponpes Ustad Riyadi, Pembina Sekolah Rimba Ustad Nur Hadi serta masyarakat.

Dandim Letkol Inf Yayat Priyatna Prihatina dalam sambutannya mengatakan, sekolah rimba ini bertujuan memperkenalkan pola kehidupan baru bagi warga suku Tobelo dalam yang dulunya masih ada ketergantungan dengan hutan hingga kedepan agar dapat mengelola bahan makanan sendiri.

“Adanya sekolah rimba ini agar dapat memperkenalkan kepada suku Tobelo dalam tata cara belajar menulis dan membaca,” katanya.

Dandim berharap sekolah rimba ini dapat membantu warga (suku Tobelo dalam/red). “Diharapkan bangunan yang telah dibangun ini dapat membantu warga suku Tobelo dalam,” harapanya.

Sementara itu, Sekcam Oba Mohtar Thaib megucapkan terima kasih kepada Kodim 1505 Tidore yang telah menjalin kerjasama dengan Pemkot Tikep sekaligus memprakarsai atas pembangunan bagi suku Tobelo dalam.

“Selain Kodim 1505 Tidore, ada juga yang melakukan pembinaan dan pengawasan bagi suku Tobelo dalam yaitu dari Balai Taman Nasional Aketajawe – Lolobata,” ungkapnya.

Mohtar juga menyebut, warga suku Tobelo dalam tidak bisa terpisahkan oleh hutan. “Pesan dari warga suku yakni warga suku tidak mau disebut dengan istilah suku “Togutil” melainkan suku Tobelo dalam,” ujarnya.

Untuk diketahui, Peresmian sekolah rimba tersebut ditandai dengan memukul kentongan oleh Dandim, Kapolsek Oba dan Sekcam Oba serta membagikan sembako dan pakaian dari Kodim 1505 Tidore kepada warga suku Tobelo Dalam. (Alan)

Komentar