oleh

Komnas PA Malut Dukung Halbar Jadi Kabupaten Layak Anak

Ketua Komnas PA Malut, Rais Dero (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Perwakilan Maluku Utara (Malut) mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menjadikan Halbar Kabupaten Layak Anak.

“Langkah bupati danny missy mendorong kabupaten layak anak dalam bentuk usulan ranperda pada paripurna DPRD halbar kemarin patut kita apresiasi, dan sudah saatnya pemda dan DPRD duduk bersama membahas ranperda itu untuk dijadikan perda,”kata Ketua Komnas PA Malut, Rais Dero kepada awak media di Hotel Corner, Ternate, Jum’at (24/05/2019) pukul 16.37 WIT.

Menurut Rais, diera miliniel seperti ini Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di Malut sudah memikirkan regulasi tingkat Daerah yang dapat melindungi serta mendeteksi kejahatan-kejahatan yang dapat merugikan anak dengan belajar dari beberapa kasus yang terjadi di Malut.

“Era milineal saat ini kejahatan atau kriminalisasi terhadap anak sangatlah rentan, makanya ditingkat daerah kita butuh satu aturan yang mengikat, sehingga menjadi dasar kita maupun orang tua untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” ujarnya.

Rais berharap, DPRD Halbar segera mengkaji usulan Ranperda yang diusulkan Pemda Halbar sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama Ranperda tersebut disahkan menjadi Perda.

“Harapan komnas PA malut, DPRD halbar segara mengkaji usalan panperda tersebut, karena dengan perda itu pemda maupun DPRD telah mencegah tindak kejahatan terhadap anak sejak dini melalui satu aturan yang wajib hukumnya di patuhi semua pihak,” harapnya. (Jojo)

Komentar