oleh

KPU Halbar Mulai Susun Anggaran Pilkada 2020

Ketua KPU Halbar, Miftahudin Yusup (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Barat (Halbar) masi merevisi anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang yang di ajukan ke Pemda Halbar.

“Terkait dengan anggaran pilkada mendatang, KPU masih dalam tahapan penyusunan draf kebutuhan, namun kami akan percepat karena pemda sudah menghubungi untuk dipercepat agar masuk dalam APBD perubahan,”ungkap Ketua KPU Halbar Miftahudin Yusup di ruang kerjanya, Selasa (25/6/2019).

Terkait dengan pengajuan anggaran ke Pemda. Kata Miftahudin, untuk tahap awal masuk pada pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD- Perubahan) dengan kegiatan tahapan-tahapan persiapan Pilkada.

“Untuk tahapan di tahun 2020 anggarannya masuk pada pembahasan APBD tahun 2020,”katanya.

Lanjut mantan Komisioner Panwaslu Halbar ini, untuk tahapan rekrutmen penyelenggara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam tahap perencanaan dimulai pada bulan januari.

“Pada pilkada tahun 2020 mendatang penyelenggara yang direkrut itu masa kerjanya selama sembilan bulan terhitung pada januari sampai september 2020,”ujarnya.

Terkait dengan tahapan Pileg dan Pilpres sementara masih menunggu hasil putusan Mahkama Konstitusi (MK) karena untuk Halbar sementara masih ada persilisihan hasil Pemilu yang disampaikan oleh beberapa Parpol ke MK.

“Parpol yang mengajukan gugatan ke MK sesuai dengan data yang kami terima untuk Halbar, Partai PKB DPR RI, Hanura Berkarya dan Calon DPD, jadi untuk calon terpilih DPR kabupaten halbar juga masih menunggu edaran dari MK,” pungkasnya. (Jojo)

Komentar