oleh

Kunjungan Kerja Camat Taltimsel, Warga Mengaku Siap Divaksin

-KESEHATAN-214 views

LOSSENG, LM – Berdasarkan instruksi Bupati Pulau Taliabu, H. Aliong Mus  terkait percepatan vaksinasi terhadap seluruh masyarakat  di Kabupaten Pulau  Taliabu membuat Pemerintah Kecamatan Taliabu Timur Selatan ( Taltimsel ) bergerak cepat dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat seputar pentingnya vaksinasi.

Dalam kunjungan kerja perdana yang dilakukan oleh  Camat Taltimsel  dengan agenda monitoring dan rapat terbuka yang digelar sejak hari senin ( 11/10/2021 ) dimulai  dari Desa Waikoka sampai ke Desa Waikadai. Turut melibatkan  unsure POLRI terdiri dari , Kapolsek Taltimsel, Ipda. Iqbal Umanailo,  Kasat Lantas Polres  Kepulauan Sula, Iptu. Walid  Buamona, Kasat Tahti Polres Kepulauan Sula, Ipda. Umar Fataruba serta seluruh jajaran Polsek Taltimsel.

Kepala Pemerintahan Kecamatan ( Camat ) Taltimsel,  Kristina Sopamena  mengatakan, menindaklanjuti instruksi Bupati Pulau Taliabu pada rapat evaluasi yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu beberapa waktu lalu di Bobong. Maka, pihaknya melakukan kunjungan kerja ke seluruh Desa di wilayah Kecamatan Taltimsel  sekaligus memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat terkait pentingnya Vaksin.

“Selain melakukan monitoring, saya juga melakukan rapat terbuka dengan masyarakat guna memberikan pemahaman  terkait pentingnya Vaksin,” katanya kepada Lintas Malut  usai menggelar rapat di Desa Waikoka.

Lanjut  Kristina, dalam pertemuan terbuka yang dilakukan  di empat Desa yakni : Desa Waikoka, Desa Kamaya, Desa Waikadai Sula, dan Desa Waikadai   berhasil menemukan alasan masyarakat belum mau divaksin karena kurangnya sosialisasi serta minimnya  tenaga kesehatan khususnya dokter.

“Dari hasil rapat terbuka yang kami lakukan, kami menemukan alasan masyarakat belum mau divaksin karena minimnya sosialisasi serta tidak ada dokter pada saat proses Vaksinasi di Desa,” ujarnya.

Membenarkan hal itu, Kasat Lantas Polres Kepulauan Sula, Iptu. Walid Buamona  mengaku vaksin kepada masyarakat di seluruh Desa akan berjalan lancar jika ada keterlibatan tenaga kedokteran, sebab dari hasil pertemuan yang dilakukan rata-rata keluhan masyarakat adalah tidak adanya dokter dalam proses Vaksinasi sehingga banyak masyarakat yang masih merasa takut.

“Iya benar, rata-rata Desa yang kami kunjungi itu masyarakat mengaku siap divaksin asalkan harus ada tenaga dokter dan tenaga medis di Desa ketika kegiatan vaksinasi berlansung,” bebernya.

Bukan itu saja, tambah Iptu. Walid ,  jadwal kegiatan vaksinasi harus disampaikan kepada masyarakat melalui Pemerintah Desa setempat, sebab masyarakat juga mengeluhkan hal tersebut.

“Jadwal Vaksin di Desa harus disampaikan agar masyarakat  mengetahui, sehingga masyarakat dapat mempersiapkan diri untuk divaksin,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Taltimsel, Ipda. Iqbal  Umanailo menghimbau kepada seluruh masyarakat se-Kecamatan Taliabu Timur Selatan agar dapat mengikuti vaksin gratis sehingga seluruh keperluan masyarakat dapat terpenuhi baik dalam proses penerimaan bantuan dari Pemerintah maupun ketika akan melakukan perjalanan ke luar Daerah.

“Saya menghimbau agar seluruh masyarakat di wilayah hukum Kecamatan Taliabu Timur Selatan dapat mengikuti kegiatan Vaksinasi agar segala urusan berjalan secara baik,”  imbaunya.

Berdasarkan jadwal monitoring dan rapat terbuka yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kecamatan Taliabu Timur Selatan, kegiatan akan dilanjutkan pada hari selasa di  Desa Belo, Desa Mantarara, dan Desa Losseng.  Kemudian pada hari rabu akan berlansung di Desa Kawadang, dan Desa Sofan. (red )

Komentar