oleh

Kunjungan Kerja di Taliabu Timur, Kadiknas Temukan Sekolah Kekurangan Guru

BOBONG, LM –  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu, Hj. Citra Puspasari  Mus  ( CPM, red)  pekan kemarin saat melakukan kunjungan di Dusun Meang Desa Tubang, Kecamatan Taliabu Timur.

Kehadiran Orang nomor satu di  Dinas Pendidikan itu, untuk melihat secara langsung kondisi pendidikan di pelosok negeri Pulau Taliabu. Bahkan, kehadiran Hj. Citra Puspasari  Mus yang di jemput warga di dusun itu langsung menjawab kebutuhan Pendidikan di Dusun Meang dengan membentuk TK Nurmadinah.

Kebijakan Menjawab kebutuhan Pendidikan di Dusun Meang itu sontak mendapat apresiasi warga setempat sebab eksistensi TK Nurmadinah tidak serta menjawab kebutuhan pendidikan anak usia dini semata, melainkan juga menyerap tenaga kerja.

Banyak anak usia sekolah TK sementara TK belum ada sama sekali, maka mulai hari ini kita Bentuk TK Nurmadinah dan pengelolanya adalah warga Meang, yakni ibu Megawati Lasto” Kata Citra Puspa Sari Mus Saat berkunjung ke Sekolah Dasar dusun Meang, Desa Tubang Taliabu Timur yang di hadiri siswa siswi dan warga setempat ,Kamis (23/09/2021) belum lama ini.

tidak hanya itu, Citra juga menginterogasi Kepala Sekolah Dan wali murid terkait kendala pendidikan.

Salah satu kendalanya adalah para siswa di SD Negeri Meang yang bangunannya dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Maluku Utara tahun 2020 itu adalah ketidak aktifan siswa siswi. hal ini disebabkan latar belakang pekerjaan kedua Orang tua siswa.

Siswa kurang aktif karena pekerjaan orang tua mereka kadang kalau kerja suka berhari hari di hutan, jadi anak anak juga di bawa ke hutan tempat mereka kerja sehingga anak anak jadi tidak masuk sekolah selama di hutan,” Jawab Kepsek SD Negeri Meang, Haidon Hi.M Nur.

Dia ( Hj. Citra )  menilai, kondisi tersebut membutuhkan peran aktif semua pihak, sehingga ia menghimbau kepada orang tua wali murid agar dapat berperan membantu pihak sekolah untuk mengarahkan anak-anak ke sekolah.

” Bapak ibu orang tua siswa yang ada di Meang juga saya harap bisa bantu kepala sekolah untuk mengarahkan anak anak agar mereka aktif ke sekolah,” tandasnya.

Dalam kunjungan tersebut ditemukan, Tenaga pengajar di SD Negeri Meang selama ini hanya terdapat tiga( 3) orang  guru sudah termasuk kepala sekolah. Sementara, para guru ASN yang baru di mutasi ke SD Negeri Meang belum satupun yang datang  bertugas ke dusun itu.

Kadiknas juga memerintahkan kepada kepala sekolah untuk menjawab kebutuhan tenaga pengajar dengan memanfaatkan Dana BOS.

“Terkait tenaga guru yang masih kurang, kepsek harus angkat guru bantu dengan anggaran sekolah,” jelasnya.

Hj. Citra yang mengaku sebagai bagian dari warga Meang itu,  juga menegaskan kepada kepsek dan masyarakat untuk terus bersinergi untuk kemajuan pendidikan dan program pembangunan yang ada saat ini.

“Saya mau orang Taliabu harus sekolah, sekarang ini ada pembiayaan kuliah gratis. para ibu bapak tolong bantu kepsek agar anak-anak kita bisa rajin sekolah. dan Untuk adik adik saya minta semangat belajar. Meang harus maju, anak anak Meang harus cerdas. Semua harus semangat,” pintanya. (Hara)

Komentar