oleh

Kuota Haji di Halbar Bertambah 22 Orang

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Halbar, Hi. Idris (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Kuota Haji di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) tahun 2019 bertamba 22 orang. Sebelumnya kuota Haji di Halbar hanya 68 orang. Namun, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku Utara (Malut) nomor: 360 /KPTS/MU/2019 tentang perubahan keputusan Gubernur Malut nomor: 208/KPTS/MU/2019 tentang penetapan kuota Haji Kabupaten/Kota se-Maluku Utara tahun 2019 atau 1440 H maka kuota Haji di Halbar bertambah 22 orang sehingga Jamah Calon Haji (CJH) dari Halbar menjadi 90 orang.

“Tahun ini kuota haji untuk Halbar totalnya menjadi 90 orang,” ungkap Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakankemenag) Halbar H. Idris, Minggu (16/6/ 2019).

Sementara untuk keberangkatan CJH dari Halbar. Kata Idris, sesuai hasil Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilakukan di Asrama Haji Ternate beberapa waktu lalu, CJH asal Halbar berangkat ke Ternate pada tanggal 9 juli kemudian dari Ternate ke Asrama Haji Sugiang Makasar pada tanggal 10 sampai tanggal 11 Juli dari Bandara Hasanuddin Makasar, CJH bertolak menuju Madina.

“In sha Allah tidak ada perubahan, maka tanggal 9 juli CJH sudah ke Ternate. CJH Halbar masuk kloter 7 bergabung dengan CJH asal kota tidore, halmahera timur dan kepulauan sula,”katanya.

Untuk manasik haji. lanjut Idris, saat ini sudah dilakukan ditingkat Kecamatan yang dipusatkan di Kecamatan Jailolo dan setelah manasik Haji tingkat Kecamatan barulah dilakukan napak tilas manasik Haji tingkat Kabupaten.

“Jadwal manasik haji tingkat kabupaten belum kita tentukan karena saat ini manasik haji masih berlangsung ditingkat kecamatan,”ujarnya.

Idris menambahkan, data Kemenag Halbar untuk CJH yang telah mendaftar saat ini sudah mencapai 1.007 ornag dan untuk daftar tunggu selama 11 tahun.

“Kalau mendaftar sekarang maka 2030 baru bisa berangkat ke tanah suci,” tambahnya. (Jojo)

Komentar