oleh

Luapan Air mengancam Warga, Kades Wayo Buat Drainase Darurat

Satu Unit Eksavator Yang Disewa Kades Wayo Sofyan Hasan, Saat Mengeruk Rumput dan Membuat Drainase Darurat (Foto:As/lintasmalut.co.id)

TALIABU – Hujan deras yang terjadi di Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) dan sekitarnya akhir-akhir ini mengakibatkan genangan air hingga meluap dan mengancam kawasan warga.

Atas kejadian tersebut, salah satu warga Desa setempat melapor ke pihak Kepala Desa (Kades) bahwa genangan air yang terjadi di Komplek Cafe Desa Wayo sangat berpotensi meluap ke pemukiman dan mengancam warga yang disebabkan Draenase di wilayah itu belum mendapat perhatian dari Dinas terkait, sehingga saluran air di wilayah sekitar sudah tertimbun rumput liar.

“Karena saya takut airnya mulai meluap ke jalan dan sudah membahayakan gudang semen kita disitu, makanya saya secepatnya lapor sama pak kades, kalau mau menunggu dari bencana alam itu musti kita sudah tenggelam dulu baru ada bantuan itu repot kita,”ungkap Eldi warga Desa wayo kepada awak media, Sabtu (15/6/2019).

“Untung saja laporan itu mendapat respon yang baik dari desa dan langsung mengambil langkah cepat dengan menggunakan eksavator untuk melakukan pengerukan jalan air,”tambahnya.

Sementara Kades Wayo Sofyan Hasan mengatakan, dirinya terpaksa menyewa satu Unit Eksafator untuk membuat Drainase darurat guna menghindari warganya dari banjir. Dia juga menilai, Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pultab selama ini hanya fokus pada kejadian saat bencana telah melanda masyarakat sementara tindakan pencegahan sebelum terjadi bencana sangat minim.

“Saya terpaksa langsung hadirkan eksavator di TKP untuk mengeruk kasih bersih rumput liar dan menggali jalan air. Tidak bisa tunggu, karena kalau mau ditunggu respon dari dinas terkait itu saya punya masyarakat bisa bisa berenang dulu baru dinas terkait datang,”katanya saat ditemui di lokasi.

“Dinas penanggulangan bencana maupun perencanaan pembangunan daerah memperhatikan kondisi rawan banjir dan genangan air agar kerawanan di masyarakat saat hujan lebat dapat teratasi,”harapnya. (As)

Komentar