oleh

Mahasiswa Fisipol Unipas Morotai Laksanakan PAJ dan PAF

DARUBA – Mahasiswa administrasi negara Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasifik (Fisipol) Universitas Pasifik (Unipas) Morotai laksanakan Pengenalan Alam Jurusan (PAJ) dan Penegenalan Alam Fakultas (PAF) serta Penghijauan dengan mengusung tema ‘Melestarikan Alam Menjaga Keberlangsungan Ekosistem’ yang berlokasi di Pulau Kolorai dan Pulau Wisata Dodola, Minggu (22/9).

Pengenalan Alam Jurusan (PAJ) dan Penegenalan Alam Fakultas (PAF) telah menjadi tradisi tahunan mahasiswa Fisipol yang mengarah pada soal edukatif dan prinsip-prinsip akademik khusnya di jurusan/program studi maupun fakultas.

Dosen pendamping Saiful Sumai menjelaskan, penghijauan dan bhakti sosial dalam rangkaian kegiatan PAJ dan PAF Fisipol Unipas Morotai dimaksudkan untuk memperkuat peran serta mahasiswa dalam mendorong dan mengawal upaya pelestarian tempat hidup dan permukiman masyarakat serta ekosistem lainnya.

“Mendorong partisipasi masyarakat Morotai dalam program-program penghijauan, pemeliharaan dan pelestarian alam secara umum di Pulau Morotai dan Juga dimaksudkan sebagai media sosialisasi tentang pentingnya menjaga dan melestarikan alam untuk keberlangsungan hidup manusia dan ekosistem,” jelasnya.

Ipul sapaan akrab Saiful Sumai mengaku, pelaksanakan PAJ dan PAF tahun ini agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“PAJ dan PAF bagi mahasiswa Fisipol Unipas Morotai angkatan VII Tahun Akademik 2019/2020 memiliki pola yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Disamping menanamkan prinsip-prinsip akademik, etika dan moral juga dirangkaikan dengan kegiatan pengabdian masyarakat seperti penghijauan penanaman pohon ketapang di Pulau Kolorai dan bakti sosial di Pulau Dodola,” katanya.

Ipul menambahkan, kegiatan dalam PAJ dan PAF pada prinsipnya sebagai respon terhadap tatalaku manusia yang pasif dalam melestarikan lingkungan dan alam, juga terhadap perubahan alam yang lambat laun mengancam keberlangsungan hidup ekosistem terutama di pulau-pulau di Kabupaten Pulau Morotai.

“Kesadaran melestarikan alam dengan melakukan penghijauan yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Administrasi Negara Fisipol bertumpuh dari sebuah kesadaran murni baik civitas akademik khusnya di fakultas/prodi tersebut maupun oleh mahasiswa bahwa upaya melestarikan lingkungan tempat hidup manusia dan ekosistem lainnya harus menjadi tanggungjawab moral kelompok terdidik,” pungkasnya. (Fik)

Komentar