oleh

Malaria dan ISPA Dominan di Dua Kecamatan

BOBONG, LM — Penyakit malaria dan infeksi saluran pernapasan akut dominan di Kabupaten Pulau Taliabu, terutama di Kecamatan Lede dan Taliabu Barat Laut.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly, Rabu (5/9/18), mengatakan, bahwa sejauh ini ada dua kecamatan di Kabupaten Pulau Taliabu mendominasi penyakit malaria dan infeksi saluran pernapasan akut (ispa). Hal ini berdasarkan laporan dan keluhan warga.

”Untuk saat ini kita belum memiliki data pasti, tetapi dari hasil laporan atas keluhan warga rata-rata dua penyakit ini menjadi penyebab kondisi warga tidak stabil,”katanya.

Dia mengatakan, berbagai upaya sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan guna mencegah dan mengurangi jumlah penderita penyakit dominan tersebut.

“Kami telah menempati tenaga medis di desa-desa untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat meskipun belum merata di seluruh kabupaten Pulau Taliabu,” katanya.

Selain itu, kata dia, dinas juga gencar melakukan sosialisasi hidup sehat dan bersih kepada masyarakat di desa-desa, sehingga dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Misalnya, malaria, penyebab utamanya adalah nyamuk dan apabila masyarakat mengutamakan kebersihan lingkungan bebas dari nyamuk otomatis masyarakat akan terhindar dari penyakit malaria.

Dirinya mengaku penyebab utama infeksi saluran pernapasan akut (ispa), karena warga dari dua kecamatan tersebut sering bepergian keibukota Kabupaten dengan menggunakan jalur darat. Dimana kondisi debu jalanan sangat tinggi. Sedangkan, Malaria disebabkan lingkungan yang menjadi saran nyamuk masih belum dibersihkan. (red)

Komentar