oleh

Maret SMP Negeri Satu Bobong Gelar UNBK Perdana

Kepala Bidang Pidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pulau Taliabu Etja Abd.Karim Umagap (foto ist/Yanto)

BOBONG, Lintasmalut.net – SMP Negeri Satu Bobong Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) Provinsi Maluku Utara (Malut) melaksanakan Ujian Berbasis Komputer (UNBK) perdana pada bulan Maret mendatang, sesuai kalender pendidikan yang telah ditetapkan Pemerintah. UNBK tersebut tidak berlaku secara keseluruha sekolah tingakat pertama di Taliabu, dikarenakan faktor minimnya fasilitas komputer dan jaringan internet.

“2019 ini perdana UNBK di Taliabu untuk tingkat SMP, sebagai langkah awal kami uji coba di SMP Negeri Satu Bobong, langka ini dilakukan karena minimnya fasiltas komputer dan juga jaringan internet yang belum memadai, sehingga kami melakukan uji coba pada bulan maret mendatang,” Tandas Kepala Bidang Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pultab, Etja Abd.Karim Umagap diruang kerjanya kamis (21/2/ 2019).

Meski demikian kata dia, tahun depan pihak Dikbud Pultab akan berupaya melakukan pengadaan komputer diseluruh sekolah di Taliabu khususnya tingkat SMP,

“Yang pasti tahun depan kami akan membuat program untuk pengadaan Komputer, sehingga seluruh SMP di Taliabu bisa melaksanakan UNBK, tetunya ini juga harus didukung dengan jaringan yang memadai, sedangkan untuk untuk SMP lainya diberlakukan secara manual,”kata Etja.

Etja juga mengatakan, program UNBK sebenarnya ada yang bersifat offline, namun hal ini sekolah danDikbud dipertemukan dengan masalah faslistas, sehingga seluruh sekolah diminta untuk bersabar, karena pihak Dinas tidak akan menutup mata, di satu sisi pemerintah saat inialami keterbatasan anggaran, maka kedepan Dinas berupaya semaksimal mungkin, sehingga UNBK bias berlansung di seluruh Sekolah SMP yang ada di Taliabu.

“Jadi (red) sebenarnya sisitim Offline ini bias juga dilakukan, namun persoalan faslitas yang minim ini menjadi masalasah bagi kami, tapi ini perdana di Taliabu, namun tahun kami berupaya agar pengadaan Komputer,”Jelas Etja. (As)

Komentar