oleh

Masa Depan Pertambangan di Maluku Utara

-OPINI-134 views

Oleh

Dediawan A. Laher

Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Khairun

Negara Republik Indonesia adalah Negara kepulauan yang memiliki beribu pulau – pulau di dalamnya tersimpan sejuta kekayaan Alam yang melimpah. Sumber daya alam (SDA) yang saat ini di miliki begitu banyak yakni di lautan mau pun di daratan dan yang menjadi sorotan masyarakat saat ini adalah SDA tidak dapat di perbahrui, Yang keterdapatannya di bawah permukaan tanah. Saat ini menjadi incaran Investor Asing yakni Endapan Mineral.

Jika SDAnya adalah Endapan Mineral maka tidak terlepas dari dunia pertambangan. Jika berbicara menyangkut dengan dunia pertambangan, maka berbicara tentang kegiatan prospeksi, Eksploitasi, Eksplorasi, Evaluasi, Panambangan, Pengelohan, Pemurnian, Pengangkutan dan Pemasaran. Namun, kegiatan ini memiliki sistem kajian yang kompleks yang melibatkan seluruh masyarakat yang memiliki keahlihan di bidang Pertambangan maupun di bidang lainnya.

Dengan kondisi saat ini, Maluku Utara adalah wilayah yang terindikasi memiliki Endapan Mineral tersebut. Artinya Maluku Utara adalah sorotan pertama yang memiliki potensi SDA begitu melimpah.

Secara tidak langsung masa depan Maluku Utara bisa di katakan terjamin. Sebab, dengan potensi alam yang di miliki Endapan Mineral begitu banyak mampu memberikan masa depan Maluku Utara cemerlang dengan adanya dunia Pertambangan yang melakukan kegiatan tersebut. Di samping itu, harus perlu dari Pemerintah dan masyarakat untuk mengawal ketat terkait dengan kegiatan Pertambangan itu sendiri, sehingga di samping memberikan masa depan Maluku Utara yang cemerlang juga memberikan lingkungan yang sehat bagi masyarakat Maluku Utara pada umumnya dan terkhususnya masyarakat lingkar tambang.

Secara garis besar Maluku Utara memiliki potensi alam yang melimpah, Sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri sebagaimana telah di tegaskan dalam Undang-Undang tahun 1945 pada pasal 33 ayat 3 yang berbunyi ‘Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya di kuasai oleh Negara dan di pergunakan sebesar-besarnya kemakmuran Rakyat’ sesuai dengan Undang-Undang Dasar tahun 1945 pasal 33 ayat 3 telah mengambarkan secara jelas bahwa SDA di pergunakan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat adalah tujuan utama dari bunyi pasal tersebut.

Dengan demikian masyarakat Maluku Utara mendapatkan apa yang menjadi haknya mereka, dengan potensi SDA yang di miliki Maluku Utara saat ini yang begitu melimpah, sehingga mampu memberikan kemajuan terhadap Masyarakat Maluku utara (*)

Komentar